Dark/Light Mode

Goes To Pabrik

Relawan Ganjaran Buruh Berjuang Perkuat Jaringan Pemenangan Ganjar-Mahfud

Jumat, 27 Oktober 2023 22:21 WIB
Relawan GBB mengunjungi sebuah perusahaan garmen yang sudah merambah pasar hingga ke mancanegara, PT Lestari Busana Anggun Mahkota di Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (27/10/23). (Foto: Ist)
Relawan GBB mengunjungi sebuah perusahaan garmen yang sudah merambah pasar hingga ke mancanegara, PT Lestari Busana Anggun Mahkota di Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (27/10/23). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) kembali menyambangi para buruh dan manajemen perusahaan melalui program "Goes to Pabrik". Hal ini adalah kelanjutan dari pembentukan struktur pemenangan tingkat perusahaan yang telah dilakukan GBB.

GBB mengunjungi sebuah perusahaan garmen yang sudah merambah pasar hingga ke mancanegara, PT Lestari Busana Anggun Mahkota di Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (27/10/23). 

Dalam lawatannya, GBB menyapa dan mendengar keluh kesah para buruh. Kedatangan GBB pun disambut antusiasme yang luar biasa. 

Secara kompak para buruh dan HRD PT Lestari Busana Anggun Mahkota mengenakan kaos putih garis lurus berwajah Ganjar Pranowo sebagai simbolisasi dukungan.

Baca juga : Wakil Ketua TPN Minta Relawan Fokus Pemenangan

"Kita melanjutkan program kita GBB Goes to Pabrik dalam rangka kita menyapa buruh-buruh. Kami memfasilitasi teman-teman ini dalam mendukung Pak Ganjar," kata Lukman di lokasi.

Ketua Umum GBB, Lukman Hakim menjelaskan kunjungan ke pabrik-pabrik ini bertujuan memperkuat jaringan konsolidasi dukungan kaum buruh dan perusahaan untuk pemenangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Secara keseluruhan, GBB telah bekerjasama dengan 314 perusahaan dari berbagai wilayah di Indonesia meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, hingga Aceh untuk membentuk struktur pemenangan Ganjar Pranowo.

Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD memiliki komitmen untuk menyejahterakan kaum buruh di Indonesia melalui salah satu misinya, yaitu percepatan pembangunan ekonomi. 

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Doa Bersama Untuk Kemenangan Pasangan Ganjar-Mahfud

Kesejahteraan buruh akan dilakukan percepatan lewat program aksi 12 juta hunian baru atau renovasi seperti rumah sederhana, rusunawa, rusunami, yang disertai ketersediaan lahan strategis dan terjangkau dari pusat perekonomian serta transportasi umum.

Di sisi lain, duet Ganjar-Mahfud juga ingin bertekad meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja melalui kesempatan kerja yang produktif, pekerjaan yang layak, serta perlindungan ketenagakerjaan.

"Ada juga program peningkatan penyerapan tenaga kerja, kemudian sangat terkait dengan visi misi Pak Ganjar Pranowo terkait hilirisasi ekonomi, hilirisasi industri, industrialisasi nasional (5.0) yang dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Indonesia ke depan," kata Lukman.

GBB siap mengusung konsep hubungan industrial yang baik antara buruh, manajemen, pengusaha, dan pemerintah lewat pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial (Komnas HI). 

Baca juga : Mantan Bawahan Jokowi Di KSP Jadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud

Dia yakin terbentuknya Komnas HI ini akan lebih memudahkan langkah strategis Ganjar-Mahfud untuk mempercepat laju pertumbuhan investasi dan mendorong kemandirian serta kesejahteraan buruh.

"Karena Komnas HI kami bentuk, kami usulkan bentuk prinsipnya adalah untuk penguatan industri nasional dan kesejahteraan buruh. Maka melalui Komnas HI ini visi misi Pak Ganjar di sektor industri industrial hilirisasi, dan sektor hubungan industrial daj kesejahteraan buruh bisa diaplikasikan secara cepat," tutup dia.

Sementara, HRD PT Lestari Busana Anggun Mahkota, Ikrom Marthajumda mengungkapkan upaya GBB menyerap aspirasi buruh seperti ini sangatlah penting dilakukan. Mengingat, hingga saat ini buruh di Indonesia masih berkutat soal kesejahteraan.

"Kami sangat berterimakasih sekali, karena baru tahun ini, dalam pemilu ini ada satu relawan yang mau datang ke PT Lestari dan mendengarkan apa suara dari buruh itu sendiri. Sehingga unek-unek yang ada di buruh sendiri bisa tersampaikan melalui tim GBB," jelas Ikrom. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.