Dark/Light Mode

Relawan Nelayan Ganjar Bagikan Jaring Ikan Agar Tangkapan Ikan Lebih Banyak

Senin, 23 Oktober 2023 13:46 WIB
Komunitas Nelayan Pesisir Sumatera Selatan dukung Ganjar Pranowo memberikan bantuan ratusan jaring ikan kepada para nelayan di Desa Pandan, Kec. Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pali, Minggu (22/10/2023). (Foto: Ist)
Komunitas Nelayan Pesisir Sumatera Selatan dukung Ganjar Pranowo memberikan bantuan ratusan jaring ikan kepada para nelayan di Desa Pandan, Kec. Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pali, Minggu (22/10/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Nelayan Pesisir Sumatera Selatan dukung Ganjar Pranowo memberikan bantuan ratusan jaring ikan kepada para nelayan di Desa Pandan, Kec. Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Minggu (22/10/2023). 

Wakil Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel dukung Ganjar, Aspin Madid mengatakan pemberian jaring sebagai bentuk kepedulian kepada nelayan agar tangkapan ikan mereka lebih banyak dari biasanya. 

"Kami membagikan jaring kepada nelayan di Kab. Pali. Semoga bermanfaat, biar semangat lagi nelayan berlayarnya, supaya tangkapan ikan banyak," ucap Aspin di lokasi. 

Aspin menuturkan pemberian jaring ikan ini juga sebagai simbol kepedulian Ganjar Pranowo kepada nelayan di seluruh negeri, yang saat ini di wakili oleh para sukarelawan. 

Baca juga : Tes Kesehatan Di RSPAD, Ganjar Ditemani Istri, Mahfud Agak Batuk

Menurut dia, Ganjar yang berprinsip 'Tuanku ya Rakyat' tersebut telah memiliki kepedulian kepada nelayan. Hal itu terlihat dalam kebijakan Ganjar saat menjadi Gubernur Jawa Tengah. 

Program Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah yang telah sukses membuat nelayan maju dan sejahtera diantaranya dengan program Asnel, subsidi BBM bagi nelayan dan bantuan keuangan. 

Selain itu, Ganjar mengucurkan anggaran Rp 60 miliar untuk disalurkan kepada mereka yang berhak mendapatkan, termasuk untuk para nelayan. 

Sementara, Koordinator Daerah Komunitas Nelayan Kab. Pali, Soleha mengungkapkan bahwa jaring ikan ini sangat dibutuhkan oleh nelayan di wilayah tersebut. Adapaun jaring ikan yang diberikan ada ratusan untuk setiap nelayan. 

Baca juga : Relawan Buruh Sahabat Ganjar Salurkan Air Bersih Bagi Warga Jabar

"Kita serahkan atas kebutuhan masyarakat khususnya nelayan sendiri," ucapnya.

Sementara, Ketua Nelayan Desa Pandan, Mariko menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh para sukarelawan. Menurutnya, nelayan yang kesehariannya mencari ikan ini sulit mendapatkan ikan apabila tidak memakai jaring. 

"Kami sampaikan terima Makasih atas bantuan jaring ini, sangat bermanfaat bagi kami nelayan, dengan jalan jaring kita bisa menangkap ikan. Kalau tidak menggunakan jaring sangat sulit menangkap ikan," tutur Mariko. 

Menurut Mariko, para nelayan di wilayah tersebut biasanya menangkap ikan di Sungai Lematang. Dengan jaring yang diberikan oleh sukarelawan, para nelayan bisa mendapatkan ikan sebesar 3 kg sampai 15 kg dengan berbagai macam ikan seperti Patin, Baung, Lampam, Tirusan hingga Mujair. Harga jual dimulai Rp 18 ribu sampai Rp 25 ribu per kg. 

Baca juga : Relawan Komunitas Truk Ganjar Bagikan Terpal Untuk Sopir Di Pasuruan Jawa Timur

Mariko juga menyatakan kesiapannya mendukung pasangan Ganjar-Mahfud untuk menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029. 

Dukungan diberikan karena para nelayan menilai Ganjar-Mahfud MD merupakan pasangan yang mempunyai kapasitas untuk menjadikan Indonesia menjadi poros ekonomi maritim dunia. 

"Kami siap mendukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud," pungkas dia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.