Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh

Jokowi Makin Harum di Luar

Minggu, 6 Oktober 2019 11:47 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Parta Rizky Sahputra/RM)
Presiden Jokowi (Foto: Parta Rizky Sahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan atau The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) merilis daftar 500 muslim berpengaruh di dunia tahun 2019-2020. Presiden Jokowi kembali masuk dalam deretan 50 besar. Nama eks Gubernur Jakarta itu semakin harum saja di luar negeri.

RISSC adalah lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, Amman, Yordania. Tokoh yang masuk The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims 2020 karena memiliki pengaruh keumatan, keyakinan, gagasan, perilaku, serta karya.

RISSC memilih tokoh muslim dari berbagai kategori, seperti keilmuwan, politik, agama, penceramah dan pembimbing spritual, filantropi, isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, qari Al-Quran, selebriti dan bintang olahraga, hingga ekstrimis.

Baca juga : Said Aqil Dan Jokowi Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh Di Dunia

Tokoh muslim berpengaruh yang berada di urutan pertama adalah Syekh Muhammad Taqi Usmani. Disusul di posisi kedua oleh Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei. Sementara itu, Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud berada di urutan keempat dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di posisi keenam. Sedangkan Presiden Jokowi menempati urutan ke-13. Naik tiga peringkat.

Pada daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2018-2019, Jokowi menempati urutan ke-16. Selain Jokowi, nama lain dari Indonesia yang masuk dalam daftar 50 muslim berpengaruh, yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj di posisi 19. Selain itu, ada juga Ketua Forum Ulama Sufi Sedunia atau Al Muntada' Sufi Al 'Alami Habib Luthfi bin Yahya yang berada di urutan 33.

Sedangkan dalam kategori penguasa dan politikus, posisi pertama diisi oleh Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei. Jokowi berada di urutan sembilan. Sementara kategori cendikiawan dan penceramah, Kiai Said Aqil menempati urutan kedelapan dan eks Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin berada di urutan 33.

Baca juga : 2 Mahasiswa Tewas Berdemo di Kendari, Jokowi Minta Kapolri Investigasi

Masuknya Presiden Jokowi dalam daftar 50 besar muslim berpengaruh di dunia bikin heboh netizen. Banyak yang memuji dan ikutan bangga. "Bro, Sis, jelas ya. Dunia saja mengakui kalau Pria ini adalah seorang Muslim, bahkan masuk 50 muslim berpengaruh di dunia. Beliau pantas memimpin RI utuk periode kedua," kicau @mochamadarip diadiami @John_Nelwan. "Keren, bukti mayoritas orang Indonesia gak salah milih @jokowi sebagai yang terbaik untuk memimpin bangsa ini, karena duniapun menilai yang sama."

Akun @NgkongRoses menimpali. "Proud to be Indonesian," cuitnya senada dengan ucapan selamat @edelweis2901. "Alhamdulillah. Congratulation."

Pemilik akun @ARLJ4 yakin masyarakat Indonesia tambah bangga karena Presidennya namanya semakin harum di luar negeri. "Presiden kebanggaan rakyat Indonesia. Sampai diakui dunia internasional. Hormat kepada Pak Presiden @jokowi," tulis akun ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.