Dark/Light Mode

Sukseskan Pemilu, BNPT Gandeng Akar Rumput 3 Pilar Pertahanan Desa Di Banten

Kamis, 9 November 2023 21:03 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melibatkan tiga pilar pertahanan tingkat kelurahan/desa, di Provinsi Banten untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

Upaya pelibatan ketiga pilar akar rumput ini, didorong melalui peningkatan kemampuan aparatur kelurahan/desa mengenai pencegahan ancaman terorisme, yang diadakan di Banten tanggal 7 hingga 9 November 2023.

"Dalam rangka menciptakan pemilu 2024 yang damai dan tidak ada gejolak-gejolak sosial dari tataran akar rumput, perlu dilakukan peningkatan kemampuan 3 pilar pertahanan pada tingkat kelurahan/desa, yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah/Kepala desa," kata Direktur Pembinaan Kemampuan (Binpuan), Brigjen Wawan Ridwan.

Baca juga : Ikhtiar Menangkan Pemilu 2024, PPP Gelar Pelatihan Saksi Se-Indonesia

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Pelatihan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah/Kepala desa, dalam rangka Antisipasi Potensi Ancaman Tindak Pidana Terorisme Menjelang Pemilu 2024, di Banten, Kamis (9/11/2023).

Wawan menyebut, pelibatan tiga pilar aparatur kelurahan/desa ini penting dilakukan mengingat harus dimaksimalkanya fungsi deteksi dan cegah dini oleh mereka di wilayah desa/kelurahan.

"Tiga pilar ini pertahanan paling krusial dan utama dalam deteksi dan cegah dini di tingkat desa/ kelurahan, kalau bisa kita cegah lebih awal harapannya tidak akan terjadi aksi-aksi yang merugikan," tambahnya.

Baca juga : Bamsoet Dirikan Law Firm BS and Partner, Ajak Kolega Perjuangkan Keadilan

Selain menjalankan fungsi deteksi dan cegah dini, tiga pilar juga berperan dalam menumbuhkembangkan semangat damai lintas pemahaman dan agama untuk terwujudnya desa/kelurahan yang bebas dari intoleransi.

"Tiga pilar kewilayahan memiliki peran strategis untuk menumbuhkembangkan semangat damai lintas pemahaman dan agama untuk terwujudnya desa/kelurahan yang bebas dari intoleransi, radikalisme dan terorisme serta terwujudnya Pemilu Damai 2024," terang Direktur Pusat Kajian Moderasi Beragama, Sholehuddin.

Sementara itu, Lurah Cipare Kabupaten Serang Arwin mengaku, telah mendapat tambahan pengetahuan dan keterampilan selama mengikuti sesi pelatihan dan siap mengajak masyarakat di wilayahnya untuk turut melakukan aksi cegah dini.

Baca juga : Setan Merah Gagal Pertahankan Gelar

Diikuti oleh 30 perwakilan tiga pilar unsur pertahanan di wilayah Banten, kegiatan yang digelar tiga hari (7-9 November) ini sekaligus menjadi wadah penyamaan persepsi, koordinasi dan sinergitas.

Kegiatan ditutup dengan studi kasus dan simulasi penyelesaian masalah. Sebelumnya telah diadakan kegiatan serupa di Provinsi Lampung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.