Dark/Light Mode

Dubes Australia Penny Williams Kunjungi Perusahaan Tambang Di Kaltim

Kamis, 26 Oktober 2023 06:39 WIB
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams (tengah) meninjau perusahaan Thiess dan Orica di Balikpapan pada 16 Oktober 2023. (Foto Kedubes Australia Jakarta)
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams (tengah) meninjau perusahaan Thiess dan Orica di Balikpapan pada 16 Oktober 2023. (Foto Kedubes Australia Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams mengunjungi perusahaan-perusahaan Australia di Bontang dan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Dubes Williams mengapresiasi kolaborasi perusahaan-perusahaan Australia dengan mitra lokalnya.

Memakai safety helmet dan rompi oranye, pada 16 Oktober lalu Dubes Williams meninjau perusahaan Thiess dan Orica di Balikpapan. PT Thiess merupakan perusahaan penyedia jasa pertambangan terbesar di dunia yang berasal dari Australia. Sedangkan PT Orica merupakan penyedia bahan peledak komersial dan sistem peledakan terbesar untuk pasar pertambangan dan infrastruktur.

Baca juga : Dubes Hungaria Lilla Karsay Resmikan Pojok Buku Di Jakarta

“Senang dapat melihat langsung bagaimana perusahaan-perusahaan terkemuka Australia seperti Thiess dan Orica bekerja sama dengan mitra lokal memberikan layanan dan teknologi pertambangan kelas dunia. Ini dilakukan guna mendukung sektor pertambangan Indonesia yang sedang berkembang pesat,” kata Dubes perempuan pertama Australia untuk Indonesia itu.

Dubes Williams juga mengunjungi Pusat Pemantauan Global GroundProbe. Dia menyempatkan diri berswafoto dengan tenaga ahli geoteknik Indonesia. Para ahli geoteknik bertugas untuk memberikan peringatan dini mengenai potensi kegagalan dinding di lokasi tambang serta lokasi penting lainnya.

Baca juga : Menko PMK Kunjungi Pusat ToT Di Berlin

Dubes Williams juga bertemu dengan para siswa yang sedang menyelesaikan program magang di Thiess Training Academy.

Di Bontang, dia melakukan tur ke fasilitas produksi Amonium Nitrat (AN) PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI). Fasilitas KNI merupakan perusahaan patungan antara Armindo dan Orica. Fasilitas ini memproduksi lebih dari 300.000 ton AN per tahun untuk mendukung kegiatan pertambangan di Indonesia dan internasional.

Baca juga : Dubes Palestina Zuhair Al Shun Imbau Khutbah Ceritakan Perjuangan Palestina

“Pemerintah Australia dan Indonesia berkomitmen menjalin kerja sama ekonomi strategis. Saya bangga melihat kontribusi yang diberikan oleh perusahaan Australia seperti GroundProbe, Orica dan Thiess di Indonesia,” kata Dubes Williams.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Williams juga bertemu dengan Wali Kota Balikpapan Basri Rase.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.