Dark/Light Mode

Korupsi SYL Merembet Ke Kader Banteng

Minggu, 12 November 2023 08:00 WIB
Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Tedy Octariawan Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)
Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Tedy Octariawan Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Asep mengatakan, pihaknya sudah melakukan penggeledahan dan serangkaian pemeriksaan saksi-saksi untuk menyusuri aliran uang dalam kasus ini. Termasuk, kata Asep, menyusuri ke Komisi IV DPR.

“Sudah ada perkara-perkara lain, ada pengadaan barang dan jasa, ada juga melakukan penggeledahan di Ditjen Hortikultura, sehingga dari penggeledahan itu kemudian dari tadi masalah temuan-temuan keterangan para tersangka dan saksi,” kata Asep.

Menurut Asep, penyidik KPK saat ini tengah berfokus mengusut aliran uang korupsi dari SYL. Dalam perkara ini, KPK menetapkan dua tersangka lain yaitu Sekretaris Jenderal nonaktif Kementan, Kasdi Subagyono (KS); dan Direktur Alat dan Mesin nonaktif Kementan, Muhammad Hatta (MH).

Baca juga : Sahroni Siap Diperiksa

Sayangnya, hingga semalam, belum ada pernyataan resmi dari PDIP terkait penggeledahan yang dilakukan KPK di rumah Sudin. Sejumlah politisi PDIP yang dihubungi, belum mau merespons.

Di dunia maya, penggeledahan di rumah politisi PDIP menjadi sorotan warganet. Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap ikut mengomentari. Ia memposting berita terkait lalu menjelaskan penggeledehan biasanya dilakukan untuk menambah barang bukti.

Kata dia, berbagai benda yang disita dalam proses penggeledahan merupakan barang bukti yang nantinya oleh penyidik akan dibaca, dianalisis, dan telusuri catatan tersebut secara mendalam.

Baca juga : Sah, Top Skor Liga 1 Merapat Ke Persija

“Termasuk juga memanggil pihak terkait atau mencari kesesuaian dengan barang bukti lain,” kata mantan Wakil Ketua Wadah Pegawai KPK ini, di akun Twitternya, @Yudiharahap46.

Sementara itu akun @razieq97 menilai kasus ini tampaknya akan terus berlanjut. Ia penasaran adakah pihak lain yang ikut terseret dalam kasus ini.

“Semakin menarik,” cuitnya. “Semakin di bukalah jalannya. Siapa yang menjauh akan di gebuk,” timpal @rang_casper. “Duit nya mengalir ke mana-mana wkwkkwkwk,” samber @yulis595970893. “Anjay, perang baratayudha nih,” ledek @iqbalas37165711.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Selasa 7 November Hadir Di Polsek Bantargebang

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 12/11/2023 dengan judul Korupsi SYL Merembet Ke Kader Banteng

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.