Dark/Light Mode

Di Hadapan Ribuan CPMI, Wakil Ketua MPR Jempolin Kinerja BP2MI

Kamis, 16 November 2023 10:38 WIB
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (tengah) mengakui kinerja positif Benny Rahmadani dalam memimpin Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia BP2MI.  (Foto: Dok. BP2MI)
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (tengah) mengakui kinerja positif Benny Rahmadani dalam memimpin Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia BP2MI. (Foto: Dok. BP2MI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah turut menghadiri acara pembekalan dan motivasi kepada 1.000 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) skema Government to Government (G to G) ke Korea Selatan di Gedung Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Basarah mengingatkan agar CPMI yang akan berangkat ke Korea wajib menjaga nama baik Indonesia.

”Karena adik-adikku CPMI akan membawa nama Indonesia di dunia Internasional (Korea Selatan), maka kalian harus menjaga nama baik Indonesia. Lebih jauh dari itu kalian perlu membawa jati diri bangsa sesuai dengan kepribadian budaya Nusantara," kata Basarah.

Politisi PDIP itu juga menyoroti warna merah putih yang mendominasi atribut CPMI dan para pejabat tinggi di Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Menurutnya, atribut tersebut bukan hanya simbol semata, tetapi bentuk nyata penghormatan tertinggi suatu bangsa kepada negara tercintanya Indonesia.

Baca juga : Ini Harapan Thomas Doll Pada 3 Pemain Persija Di Pildun U-17

"Saya percaya, masker dan dasi merah putih yang adik-adik pakai, dan terutama para pimpinan juga pakai, itu bukan sekedar simbol. Bukan sekedar atribut. Namun, menggambarkan pikiran dan hati nurani, juga sanubari merah putih di dalam diri teman-teman semua," ujarnya.

Lebih lanjut, Basarah memuji prestasi BP2MI yang telah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Menurutnya, kinerja Kepala BP2MI Benny Rhamdani dari hari ke hari semakin baik. Hal itu ditandai dari berbagai terobosan Benny berupa fast track, lounge dan help desk bagi pahlawan devisa.

Menurutnya, apa yang dilakukan BP2MI oleh Bapak Benny Rhamdani dan seluruh jajarannya, membuktikan hadirnya negara untuk membuktikan janji-janjinya kepada rakyat Indonesia.

"Apa janji negara kepada rakyatnya? Jawaban utama yaitu melindungi bangsa dan segenap tumpah darah Indonesia. Lalu apa maknanya? Pak Benny berhasil menjabarkan itu dengan melindungi para pekerja migran Indonesia dari ujung rambut sampai ujung kaki," papar Basarah.

Baca juga : Dihadiri Ribuan Mahasiswa Kehutanan, Menteri Siti Resmikan FUCo Di Manggala

Ia berharap, melalui kegiatan ini, PMI dapat menjadi duta yang baik dan berkontribusi positif dalam membangun hubungan baik antara Indonesia dan negara penempatan.

Di kesempatan sama, Benny menyadari pentingnya memastikan perlindungan, kesejahteraan dan keselamatan bagi para PMI.

"Dahulu PMI seolah-olah dianggap sebagai orang rendahan. Seolah-olah TKI alias PMI selalu dianggap sebagai beban bagi negara. Seolah-olah mereka adalah orang-orang yang selalu menimbulkan masalah, oleh karena itu negara merasa terbebani dengan masalah itu sendiri," jelas Benny.

Tak hanya itu, Benny memaparkan terkait sikap tegas BP2MI terhadap perilaku calo dan sindikat penempatan ilegal PMI.

Menurutnya, praktek kejahatan kemanusiaan tak boleh dikompromikan. Benny berjanji akan terus memerangi sindikat.

Baca juga : Ini Harapan Ibu Negara Usai Naik Kereta Cepat Whoosh Ke Bandung Bareng OASE KIM

Benny menjelaskan, jajaran BP2MI menyatakan perang melawan stigma gelap tersebut dengan cara mengubah mindset atau cara pandang publik dalam menilai pekerja migran.

"Karena ternyata selama ini, terdapat fakta-fakta baik pekerja migran yang tersembunyi dihadapan publik, karena Pekerja Migran Indonesia telah memberi sumbangan devisa terbesar kedua,” tegas politisi partai Hanura itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.