Dark/Light Mode

Milad ke-65, Unisba Genjot Program Studi Unggulan dan Inovasi

Kamis, 16 November 2023 17:54 WIB
Unisba merayakan puncak miladnya yang ke-65 dengan Sidang Terbuka Terbatas Senat Unisba yang dihadiri sivitas akademika Unisba di Aula Utama Unisba, Rabu (15/11/2023). (Foto: Istimewa)
Unisba merayakan puncak miladnya yang ke-65 dengan Sidang Terbuka Terbatas Senat Unisba yang dihadiri sivitas akademika Unisba di Aula Utama Unisba, Rabu (15/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Bandung (Unisba) merayakan puncak miladnya yang ke-65 dengan Sidang Terbuka Terbatas Senat Unisba.

Acara  yang dihadiri sivitas akademika Unisba ini dilaksanakan di Aula Utama Unisba, Rabu (15/11/2023).

Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi mengatakan, selama kurun waktu 65 tahun Unisba telah melalui masa demi masa dan telah menorehkan berbagai prestasi.

Menurutnya, ini adalah berkat kepemimpinan masa lalu dari para rektor terdahulu yang telah meletakan pondasi yang kokoh untuk bekal mengelola Unisba.

"Kondisi Unisba sekarang adalah hasil jerih payah pemimpin terdahulu, kami hanya meneruskan dan menambal disana-sini sehingga Unisba dapat disejajarkan dengan Perguruan Tinggi lain yang telah maju," ungkap Edi dalam keterangan resminya, Kamis (16/11/2023).

Ia menyadari Unisba yang saat ini sudah dianggap lebih maju bukan karena faktor dari rektor sendiri saja tapi merupakan dukungan dari yayasan dan para pimpinan lain baik di tingkat universitas, fakultas, program studi, dan para Tendik yang tetap dengan kesetiaannya membantu tugas-tugas.

Rektor mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada dosen dan tendik yang telah mengabdi di Unisba dalam kurun waktu 20 hingga 40 tahun atas dedikasinya yang turut serta menjaga, merawat dan membesarkan Unisba.

Baca juga : PHM Genjot Produksi Minyak dan Gas di Q3 2023

"Pengabdian Anda sungguh luar biasa, dan kami meyakini kemilau harta bukan harapan Anda semua begitupun gemilang ketenaran bukan pula tujuan yang ingin dicapai. Kami meyakini bahwa pengabdian anda selama puluhan tahun di Unisba semata-mata untuk beribadah," katanya.

Ia berpesan kepada generasi penerus mujahid Unisba agar mempersiapkan diri untuk menerima estafet pengabdian dalam bidang apapun.

"Unisba memerlukan para mujahid, mujtahid dan mujadid untuk menggapai harapan besar dari masyarakat dan umat. Unisba bangkit menyambutmu,” ucap Edi.

Dalam menjaga eksistensi dan dapat melayani kebutuhan masyarakat dibidang pendidikan tinggi yang bermutu di masa depan, Edi menilai, Unisba sudah merancang program-program unggulan yang realistis dan rasional.

Pertama, peningkatan profil Unisba melalui peningkatan publikasi internasional, hasilnya adalah beragam jabatan fungsional dosen mengalami peningatan yang sangat pesat dari mulai jabatan Lektor sampai dengan Guru Besar.

Kedua, dengan meningkatkan kehormatan dosen dan tendik melalui pembinaan yang berkelanjutan.

Ketiga, perluasan kerjasama untuk mencapai PTIS terkemuka di Asia. Dan keempat, penguatan ruhuddin di lingkungan Unisba.

Baca juga : Relawan Gus Ganjar Genjot Produktivitas UMKM Lumajang Lewat Inovasi Olahan Pisang

"Langkah-langkah keempat program unggulan ini telah dilaksanakan dalam kurun tiga tahun ini," tutur Edi.

Menurutnya, dalam menghadapi tantangan kedepan Unisba akan terus berinovasi dalam melakukan reorientasi dan reevaluasi terhadap semua program studi dengan melakukan perencanaan dan pemikiran yang mendalam mengenai kebutuhan masyarakat di 5 atau 10 tahun ke depan terhadap relevansi program studi yang ada saat ini.

"Kita harus pandai berinovasi dan menatap masa depan yang tepat manakala punya keinginan untuk menambah, mengubah atau menutup suatu program studi yang sudah tidak dapat diterima lagi oleh masyarakat,"ujar Edi.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Prof. Nunung Nuryartono mengatakan, Unisba sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang terakreditasi unggul dan berkarakter Islami, memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Menurutnya, penguatan peran Pendidikan Tinggi Islam (PTI) menjadi elemen kunci dalam konteks ini dan dapat memberikan kontribusi signifikan melalui beberapa dimensi kolaborasi yang strategis.

Pertama, sebagai Perguruan Tinggi, PTI memiliki peran sentral dalam mendukung pengembangan karakter manusia dan kebudayaan Indonesia.

"Dengan mengedepankan nilai-nilai Islam, pendidikan tinggi dapat menjadi motor pembentukan karakter yang sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan, seperti kesejahteraan sosial, keadilan, dan harmoni dengan alam,” ujarnya.

Baca juga : Rilis Gudang Terbaru, CKB Logistics Genjot Layanan di Makassar

Kedua, dalam berkolaborasi dengan masyarakat, PTI dapat memainkan peran utama dalam mengidentifikasi kebutuhan lokal, menyusun program-program pendidikan yang relevan, dan mendukung pembangunan berkelanjutan sesuai dengan nilai-nilai ke-Islaman.

Ketiga, melalui kolaborasi dengan Pemerintah, PTI dapat memastikan implementasi kurikulum yang mendukung SDGs dan sejalan dengan kebijakan nasional untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, Unisba juga memberikan penghargaan kepada dosen dan tendik yang mengabdi (40 tahun, 35 tahun, 30 tahun dan 20 tahun), penghargaan pensiunan, penghargaan kepada pelaksanaan sistem penjaminan mutu di lingkungan Unisba Tahun 2023 dan lain sebagainya.

Selain itu dilaksanakan pula launching Pusat Konsultasi Syariah dan PMB Unisba Tahun 2024/2025.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.