Dark/Light Mode

PHM Genjot Produksi Minyak dan Gas di Q3 2023

Kamis, 9 November 2023 13:31 WIB
Salah satu lapangan produksi PT Pertamina Hulu Mahakam, yang merupakan bagian Regional Kalimantan Subholding Upstream. [Foto: Pertamina]
Salah satu lapangan produksi PT Pertamina Hulu Mahakam, yang merupakan bagian Regional Kalimantan Subholding Upstream. [Foto: Pertamina]

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) selaku operator di Wilayah Kerja (WK) Mahakam dengan dukungan dari SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) selaku induk perusahaan, berhasil memproduksi minyak sebesar 26,251 BOPD (barel per hari) dan 530 MMscfd (Million Standard Cubic Feet per Day atau Juta Standar Kaki Kubik per Hari) untuk gas (wellhead) status YTD (year to date) Oktober 2023.

Pencapaian produksi tersebut merupakan hasil upaya teknis operasi yang maksimum, mengingat sebagian besar dari lapangan-lapangan minyak dan gas di WK Mahakam telah mature dan masuk ke fase 4 atau penurunan produksi alamiah (natural decline).

Baca juga : HCML Sukses Merajai Pasokan Gas Di Jatim

“Selama beberapa tahun terakhir, kami berhasil menahan laju penurunan produksi alamiah yang tinggi dan mempertahankan tingkat produksi pada lapangan-lapangan migas yang sudah mature,” ujar General Manager PHM, Setyo Sapto Edi. Hal ini berkat penerapan berbagai inovasi dan teknologi guna meningkatkan recovery rate dari sumur-sumur migas yang ada.

“Selain itu, kami juga menerapkan praktik-praktik engineering terbaik dalam memelihara dan meningkatkan kehandalan fasilitas operasi dan produksi migas yang sudah berumur puluhan tahun,” ungkapnya.

Baca juga : FHCI Gelar Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2023

Dalam upaya menahan laju penurunan produksi tersebut, pada 2023 PHM terus melakukan pengeboran sumur pengembangan dan realisasi jumlah sumur tajak pada Triwulan 3 2023 sebanyak 54 sumur pengembangan dan 1 sumur eksplorasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.