Dark/Light Mode

Dukung Pemilu Jurdil

Fadel Yakin Konflik Elite Tak Sampai Akar Rumput

Senin, 20 November 2023 21:25 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad di tengah kesibukannya melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Senin (20/11/2023). Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad di tengah kesibukannya melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Senin (20/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR RI yang juga Anggota DPD dapil Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak larut dengan suhu politik jelang Pemilu 2024 yang terus menghangat.

Fadel percaya, kegaduhan dunia politik yang semakin sering terjadi, akhir-akhir ini merupakan polemik di antara elit parpol. Tak sampai merembes hingga ke akar rumput.

Baca juga : Sekjen PBB Sebut Yusril Bisa Bikin Jokowi Nyaman, Ini Alasannya

Fadel juga percaya, Pemerintah akan taat dan patuh terhadap perundangan yang mengatur pemilu. Pemerintah juga akan amanah dan konsisten menjaga agar Pemilu berlangsung secara jujur dan adil.

"Pelaksanaan pemilu yang jurdil, menjadi pertaruhan kepemimpinan Jokowi. Karena itu, seluruh aparat tanpa terkecuali, termasuk TNI, Polri, dan ASN harus bersikap netral," ungkap Fadel Muhammad di tengah kesibukannya melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Senin (20/11/2023).

Baca juga : Kader Banteng Tak Gentar

Fadel tidak menampik kekhawatiran sebagian masyarakat yang menyangsikan bakal tidak netralnya aparat. Karena itu Fadel mengingatkan pentingnya netralitas aparat.

"Stop larang-melarang terhadap salah satu kontestan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Pemerintah juga harus menunjukkan contoh-contoh prilaku yang baik bagi seluruh masyarakat, bukan malah sebaliknya," pesan Fadel menambahkan.

Baca juga : Perlu Strategi Dan Kolaborasi Tekan Produksi Sampah Makanan

Pelaksanaan Pemilu di Indonesia, kata Fadel tak luput dari perhatian dunia internasional. Beberapa koleganya dari luar negeri mengajukan berbagai pertanyaan terkait pelaksanaan Pilpres dan Pileg. Antara lain, menyoal kontestan yang masih menjadi bagian dari pemerintah.

"Pertanyaan itu saya jawab bahwa aturan di kita belum terlalu jelas. Dan itu menjadi salah satu kekurangan dari UU Pemilu kita. Karena itu, sangat penting para kandidat memiliki dan menjaga moral selama proses pemilihan umum," tutup Fadel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.