Dark/Light Mode

Sekjen PBB Sebut Yusril Bisa Bikin Jokowi Nyaman, Ini Alasannya

Selasa, 26 September 2023 20:18 WIB
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Foto: Biro Pers Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yusril Ihza Mahendra dinilai sebagai sosok yang mengerti tentang hukum tata negara. Seorang praktisi hukum dengan pengalaman yang luar biasa, dan juga seorang negarawan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor mengatakan, Yusril juga mengalami berbagai dinamika politik yang terjadi di Indonesia.

Seperti era Orde Baru, reformasi, dan pasca reformasi. Hingga saat ini lanjut dia, Yusril memiliki kemampuan dan pengalaman yang luar biasa dalam dunia politik tanah air.

"Dengan berbagai pengalaman dan juga kemampuan itu, beliau (Yusril) bisa menjadi sosok yang tepat untuk memfasilitasi transisi kekuasaan secara baik," kata Ferry dalam keterangan tertulis, Jumat (25/9/2023).

Baca juga : Yusril Yakin Prabowo Mampu Selesaikan Permasalahan Papua

Di mata Ferry, banyak hal yang sudah dilakukan Yusril untuk menengahi persoalan-persoalan negara di bidang hukum.

Termasuk persoalan hukum yang melanda beberapa presiden setelah memasuki masa selesai tugas.

Sosok yang juga menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja ini mencontohkan bagaimana keberhasilan lobi yang dilakukan Yusril, diantaranya adalah membebaskan Presiden ke-2 RI Soeharto dari masalah yang melanda.

“Sebelum wafat, Pak Harto akhirnya diberikan kebebasan atas apa yang menjadi persoalan beliau. Itu yang saya ketahui akibat lobi dari Pak Yusril,” ujar Ferry.

Baca juga : Titip Pesan Buat Prabowo, AHY Yakin Bisa Terpenuhi, Ini Alasannya...

Contoh lainnya, saat ada persoalan hukum yang melanda beberapa keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Yusril memberikan arahan dan kontribusinya untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik.

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, Yusril juga tetap memberikan kontribusinya kepada negara dengan memberikan saran dan masukan kepada pemerintah tentang bagaimana menyelesaikan masalah-masalah hukum dengan baik.

Ferry menyebut terdapat berbagai persoalan hukum, seperti Undang-undang Cipta Kerja dan beberapa produk hukum yang menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Menurut Ferry, dengan adanya sosok wakil presiden yang mumpuni terhadap persoalan hukum, berbagai persoalan hukum dapat dicegah untuk tidak terjadi lagi dan juga untuk memperbaiki yang sudah terjadi.

Baca juga : Kemitraan Indonesia-Korsel Diramal Makin Cerah, Ini Alasannya

“Pak Yusril beberapa kali diminta pendapat oleh Pak Jokowi soal hukum. Pak Yusril memberi nasihat hukum bagaimana membuat presiden bisa lebih nyaman dan membantu memberikan arahan, masukan kepada pemerintah,” ujar Ferry.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.