Dark/Light Mode

Jokowi Puji Relawannya Cari Capres Lewat Musra: Suara Akar Rumput, Bukan Elit!

Minggu, 14 Mei 2023 16:42 WIB
Presiden Jokowi saat menghadiri Musra di Istora, Jakarta, Minggu (14/5). (Foto: Twitter)
Presiden Jokowi saat menghadiri Musra di Istora, Jakarta, Minggu (14/5). (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memuji upaya relawannya yang menjaring nama calon presiden (capres) lewat Musyawarah Rakyat (Musra). Proses ini sebutnya, adalah bagian dari mendengarkan suara rakyat di akar rumput. Bukan suara elit.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara puncak Musra di Istora, Senayan, Jakarta, Minggu (14/5). 

"Saya tahu saudara-saudara ingin menemukan capres dan cawapres, yang benar dan tepat. Karena yang kita dengarkan adalah suara rakyat. Suara akar rumput. Bukan suara elit!" kata Jokowi dengan sedikit memekik!

Jokowi ingat dan terus memantau kegiatan Musra yang digelar sejak di Bandung, Jawa Barat Agustus tahun lalu, hingga berkeliling di 29 provinsi termasuk luar negeri yakni Hong Kong.

Baca juga : Andi Gani Sebut Capres-cawapres Hasil Musra, Ada Nama Ganjar Dan Mahfud

Upaya itu, nilainya dilakukan semata-mata karena kecintaan terhadap Indonesia. Agar demokrasi di akar rumput terjaga. Selain juga agar tidak keliru dalam memilih jagoan capres.

"Oleh sebab itu saya sangat menghargai, saya sangat mengapresiasi kegiatan Musra yang dilakukan para relawan Jokowi ini," pujinya.

Sebelum acara Musra berlangsung, Penanggung jawab Musyawarah Rakyat (Musra) Budi Arie Setiadi membocorkan tiga nama calon presiden (capres) yang diusulkan kepada Presiden Joko Widodo, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. 

Budi Arie menyatakan bahwa tiga nama tersebut dipilih setelah menyaring, menjaring, dan merekam aspirasi masyarakat dari berbagai organ relawan pendukung Jokowi di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Jokowi: Harga Cabe Di Pasar Natar Lampung, Murah Sekali

Sedangkan, untuk nama calon wakil presiden (cawapres), Budi Arie mengatakan bahwa terdapat nama Menko Polhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno, serta Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid.

"Nanti kita sampaikan ke Pak Presiden, tiga nama dan nanti biar Pak Presiden yang memutuskan," ucap Budi Arie.

Musra ini digelar oleh 18 organ relawan pendukung Jokowi untuk mencari kandidat calon presiden dan wakil presiden di seluruh provinsi Indonesia. Diperkirakan ada 30.000 orang relawan dari seluruh Indonesia menghadiri puncak musra ini.

Akan tetapi, Budi belum bisa memastikan kehadiran tokoh-tokoh lain di samping Jokowi dalam acara ini.

Baca juga : Jokowi: Prabowo Cawapres Potensial Ganjar Pranowo

Acara Musra ini telah berlangsung selama hampir satu tahun sejak dibuka oleh Jokowi di Musra provinsi Jawa Barat di Bandung pada tanggal 28 Agustus 2022 lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.