Dark/Light Mode

Presiden Bicara Investor Asing Di IKN

Yang Minat Banyak, Yang Konkret Masih Nol

Selasa, 21 November 2023 08:10 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo (tengah) di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi blak-blakan mengenai investor asing di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kata Jokowi, sebenarnya banyak investor asing yang berminat, tapi yang konkret masih nol.

Menurut Jokowi, dirinya selalu menyampaikan progres pembangunan IKN ketika melakukan lawatannya ke negara lain. Baik mengenai investasi yang dibuka untuk asing, maupun sejumlah investor yang sudah menyatakan minatnya.

Baca juga : Heikal Safar Sebut Ekky Pitung Sangat Layak Jadi Ketum Bamus Betawi 2023-2028

“Tetapi kan sampai sekarang sudah lebih dari 300 LOI (Letter Of Intent) yang sudah ditandatangani. Saya kira itu sudah segerakan, tambah terus, tetapi memang sampai saat ini yang real untuk memulai memang belum,” ungkap Jokowi di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Meski yang konkret masih nol, mantan gubernur DKI Jakarta itu optimis, akan ada investor asing yang akan menanamkan modalnya di IKN. Hanya saja, saat ini Pemerintah lebih mendahulukan investor dari dalam negeri.

Baca juga : Jokowi: Dengan Tumpukan LoI Sebanyak Itu, Masak 1 Aja Ndakā€¦

“Tapi dengan tumpukan LOI sebesar itu bisa masih ada potensi. Saya kira akan (pasti). Hanya kita gabungkan dulu investor di dalam negeri terlebih dulu,” cetus mantan wali kota Solo ini.

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat, Jokowi juga terus mendorong investasi ke IKN, meski belum ada realisasi investasi yang nyata. “Sampai saat ini belum ada, tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya investor luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk,” katanya, Jumat (17/11/2023).

Baca juga : Adakah Investor Asing Di IKN? Jokowi: Belum Ada

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan, yang dimaksud belum masuknya investor asing adalah yang masuk secara sendiri dan sudah masuk tahap final. Buktinya, saat ini sudah ada investor asing di IKN melalui kerja sama dengan investor domestik.

“Jadi kalau dikatakan investor asing belum masuk, sebenarnya kalau boleh kami detailkan statement bapak presiden tersebut (bahwa) investor asing belum masuk sebagai sendiri, tapi sebagai mitra investor domestik, sudah terjadi,” kata Agung dalam media briefing, Senin (20/11/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.