Dark/Light Mode

Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Ngarep Turis Yang Senang Surfing Banyak Datang

Rabu, 25 Oktober 2023 20:31 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Mentawai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (25/10). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Mentawai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (25/10). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Bandara Mentawai, salah satu pulau terluar yang ada di Sumatera Barat, Rabu (25/10). Peresmian bandara ini untuk memperkuat konektivitas dan memajukan sektor pariwisata di pulau tersebut.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyoroti pentingnya pembangunan bandara baru ini dalam meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat di daerah terpencil.

Bandara dengan panjang runway 1.500 meter dan lebar 30 meter, sebut Jokowi, diharapkan mampu menampung pesawat ATR yang membawa hingga 78 penumpang. Meningkat dari kapasitas sebelumnya yang hanya mampu menampung pesawat Cessna dengan kapasitas 12 orang. 

Baca juga : Amran Sulaiman Bakal Jadi Mentan Lagi, Foto Siap-Siap Ke Istana Sudah Beredar

Bandara ini akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot, Sipora, yang panjang runway-nya hanya 850 meter, yang hanya bisa didarati oleh pesawat Cessna dengan kapasitas 12 orang.

"Tadi saya coba dengan pesawat yang gede ini, tadi juga mendaratnya sangat mulus dan tidak ada masalah," kata Presiden Jokowi.

Jokowi menekankan potensi besar bandara baru ini dalam mendorong sektor pariwisata di Pulau Mentawai, terutama bagi para penggemar olahraga selancar atau surfing. Termasuk untuk memungkinkan pesawat-pesawat dari luar negeri mendarat di Mentawai.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Adakan Senam Bersama Ribuan Warga Kutai Kartanegara

"Kita harapkan turis akan semakin banyak ke Pulau Mentawai, utamanya yang senang surfing," harapnya.

Selain itu, Jokowi yakin kehadiran bandara ini akan semakin membuka akses suatu daerah yang memberikan multiplier effect bagi masyarakat. Utamanya dalam mengembangkan usaha.

"Ini yang kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kita semuanya," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.