Dark/Light Mode

INES: Kaum Muda Dukung Prabowo-Gibran

Rabu, 22 November 2023 20:06 WIB
Capres-Cawapres Prabowo-Gibran. (Foto: Istimewa)
Capres-Cawapres Prabowo-Gibran. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Network Election Survey (INES) kembali melakukan survei terkait Pilpres 2024. Hasilnya didapati bahwa Pilpres 2024 terjadi dua putaran.

Direktur Eksekutif INES Andri Gunawan mengatakan, survei yang dilakukan pihaknya dikategorikan pada dua kelompok usia pemilih. Kategori pertama terdiri dari kelompok usia 17-35 tahun. Sedangkan kedua di atas usia 36 tahun.

"Tingkat Keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 17-35 tahun adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (41,1 persen), Ganjar Pranowo- Mahfud MD (38,8 persen). Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (13,6 persen). Yang tidak tidak memilih (6,5 persen)," kata Andri.

Baca juga : Akbar Himawan: Hasil Survei Cermin Keinginan Rakyat Dipimpin Prabowo-Gibran

Begitu juga pada tingkat Keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 17-35 tahun.

"Untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (41,1 persen) Ganjar Pranowo-Mahfud MD (38,8 persen) Anies Baswedan-Muhaimin (13,6 persen) dan tidak memilih (6,5 persen)," ungkap dia.

Menurut Andri, dari hasil survei berpotensi dua putaran. Pengaruh Gibran pada pemilih segmen usia 17-35 tahun memberikan dampak keterpilihan yang sangat produktif terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Baca juga : Hari Milad Muhammadiyah, Relawan Matahari Pagi Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Sementara, tingkat Keterpilihan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada segmen pemilih yang tinggal di pedesaan dibandingkan pemilih yang tinggal di perkotaan.

Menanggapi hasil survei INES, pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto, mengatakan, pengaruh Gibran itu sangat potensial untuk menjadi pemenang dalam kontestasi pilpres 2024.

Sosok Gibran diakuinya merupakan pengejawantahan dari sosok Jokowi. Sehingga banyak pemilih yang setia dengan Jokowi beralih ke Gibran.

Baca juga : Ribuan Milenial Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

"Saya selalu mengamati di linimasa media sosial baik-baik dari kalangan generasi milenial maupun gen z rerata memberikan dukungan kepada Gibran," sebut dia.

Bambang menyebutkan, jika melihat hasil survei INES melihat peluang Prabowo-Gibran mendapatkan suara lebih besar.

"Hal itu Karena Gibran telah menjadi ikon dari generasi internet dan kaum muda. Ini yang tidak dimiliki oleh pasangan Ganjar dan Anies. Sehingga saya meyakini ini justru bisa 1 putaran," ucap Bambang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.