Dark/Light Mode

Sempat Hilang Kontak, Begini Kondisi Terkini 3 WNI Relawan MER-C Di Gaza

Kamis, 23 November 2023 12:40 WIB
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. (Foto: Instagram/mercindonesia)
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. (Foto: Instagram/mercindonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberadaan 3 Warga Negara Indonesia (WNI) relawan MER-C di Gaza yang sempat hilang kontak, akhirnya diketahui. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan kondisinya dalam kondisi aman.

Ketiga relawan tersebut adalah Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi saat ini masih ada di RS Indonesia. 

Juru Bicara Kemlu, Lalu M Iqbal membantah kalau ketiganya ditangkap oleh militer Israel (IDF). "Tidak ada penangkapan WNI oleh IDF di Gaza," kata Lalu dalam keterangannya, Kamis (23/11).

Lalu mengaku Kemlu memverifikasi keberadaan ketiganya pertama kali dari wartawan Palestine Today di Gaza. Wartawan tersebut memberitahukan pertama kali pada pihak MER-C. 

Baca juga : Prabowo Jenguk Luhut Di Singapura, Begini Kondisi Terkini Seniornya Itu

Dari informasi yang diterimanya, ketiga WNI tersebut seluruhnya masih berada di RS Indonesia Gaza.

"Kami sudah memverifikasi langsung lewat sumbernya di Gaza. Barusan saja kita mendapatkan informasi ketiga WNI tersebut seluruhnya masih berada RS Indonesia Gaza," ujarnya.

Sebelumnya, ketiga WNI sempat hilang kontak pascapenyerangan yang dilakukan Israel ke Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza, Senin (20/11).

Sempat beredar kabar, bahwa dua dari tiga WNI ditangkap oleh IDF. Sedangkan satu relawan lain tidak diketahui keberadaannya. 

Baca juga : 3 WNI Hilang Kontak Setelah Israel Bom RS Indonesia, MER-C: Belum Ada Kabar

Namun, Ketua Presidium MER-C, Dr Sarbini Abdul Murad juga telah mengklarifikasi kabar tersebut pada konferensi pers, Kamis (23/11).

Pihak MER-C berhasil mendapatkan kontak dan bisa berkomunikasi langsung dengan salah satu relawannya, Reza Aldilla Kurniawan. Ketiganya dalam keadaan sehat dan selamat.

"Kami sempat berbicara dengan mereka. Sekarang mereka bertiga ada di RS Indonesia dalam keadaan sehat dan selamat," kata Sarbini. 

Sarbini melanjutkan bahwa ketiga relawannya bersama 600 warga sedang menunggu di RS Indonesia untuk proses evakuasi ke Gaza Selatan. 

Baca juga : Tantangan Ekonomi Dunia Makin Ruwet

"Informasi ini membuat kami bahagia dan membuat kami sumringah karena sudah 11 hari kami belum mendapatkan informasi dari tiga relawan kami," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.