Dark/Light Mode

Desa Kemiren Jaga Ketahanan Pangan Lokal Lewat Festival Raksa Rumyat Bentur

Kamis, 23 November 2023 13:01 WIB
Festival Raksa Rumyat Bentur, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Festival Raksa Rumyat Bentur, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desa Kemiren dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan kegiatan “Raksa Rumyat Bentur”. Kegiatan ini sebagai bentuk program pemajuan kebudayaan desa yang diinisiasi Kemendikbudristek bersama beberapa desa di Indonesia. Salah satunya adalah Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. “Raksa” artinya menjaga, “Rumyat” artinya merawat, dan “Bentur” artinya pekarangan.

Tujuan kegiatan ini untuk menjaga ketahanan pangan lokal di desa, khususnya pada masyarakat Osing atau penduduk asli Banyuwangi. Kegiatan ini mengajak dan mengenalkan kepada generasi muda untuk menjaga ketahanan pangan yang dapat dimulai dengan langkah kecil, yaitu merawat pekarangan rumah, dengan menanam tanaman pangan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Kementan Bareng Alumni IPB Perkuat Ketahanan Pangan Lewat Benih Unggul

Kegiatan ini dilaksanakan pada 17-19 November 2023. Rangkaian acara dimulai dengan seminar yang dihadiri tiga narasumber yaitu, perwakilan Ijen Geopark Abdillah Baraas, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Wiwin Indiarti, dan CV Banyucindih Creative Vikcy Hendri Kurniawan.

Hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan cooking class, belajar budidaya dan penanaman tanaman pangan lokal, workshop tanaman pekarangan Mbah Janung dan Titis Sriyanti. Kemudian di malam hari dilanjutkan pertunjukan seni Tari Lamen Dedari dan Barong Tresno Budoyo. Pada hari ketiga ditutup dengan acara kuliner di Pasar Jajanan Osing.

Baca juga : Kaodhi’en, Festival Ketahanan Pangan Lereng Argopuro Desa Klungkung

Manfaat kegiatan ini bagi para peserta adalah menambah wawasan mereka mengenai tanaman pangan lokal, beragam olahan dari tanaman pangan lokal, hingga cara membudidayakannya. Serta memberikan pengetahuan aspek historis, ilmiah, nilai dan identitas ekosistem pangan lokal. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta akan lebih memuliakan dan peduli terhadap pangan lokal. Karena mereka adalah pewaris kekayaan alam dan budaya bangsa ini.

“Kami sangat antusias mengadakan kegiatan ini dan berbagi pengetahuan serta pengalaman yang berharga dengan para peserta. Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat,” tutur Ketua Daya Warga Desa Kemiren Fikri Adila, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (23/11).

Baca juga : Dukung Ketahanan Pangan, Kospermindo Ekspor 100 Ton Rumput Laut Ke China

Kegiatan ini diikuti 50 peserta terpilih dari tingkat SMA/sederajat di Kabupaten Banyuwangi. Pertunjukan seni dilaksanakan semalam suntuk yang dihadiri masyarakat umum. Setelah menyaksikan pertunjukan, masyarakat dapat langsung kulineran di Pasar Jajanan Osing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.