Dark/Light Mode

Dubes Palestina Zuhair Al Shun Imbau Khutbah Ceritakan Perjuangan Palestina

Sabtu, 14 Oktober 2023 06:50 WIB
Duta Besar Palestina 
untuk Indonesia Zuhair Al Shun. (Patrarizki Syahputra/Harian RM/RM.id)
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun. (Patrarizki Syahputra/Harian RM/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun memanfaatkan hari Jumat yang dimuliakan umat Islam untuk menggalang solidaritas umat Islam di Tanah Air, agar mendukung Palestina. Dubes Al Shun mengimbau agar khutbah Jumat menceritakan perjuangan rakyat Palestina yang ditindas zionis Israel.

Permintaan tersebut disampaikannya melalui surat terbuka untuk ketua dan pengurus masjid seluruh Indonesia, Kamis (12/10). Di bagian atas surat tersebut, disisipkan kutipan berupa ayat Alquran, yaitu surat Al-Anfal ayat 72 yang berbunyi, “(Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan.”

Baca juga : Sejahterakan Rakyat, Jangan Dikorupsi Ya

“Dalam hal ini, kami berharap agar khutbah Jumat yang akan disampaikan, di masjid-masjid di Indonesia, berbicara tentang Palestina, Baitul Maqdis, Masjid Al-aqsa yang diberkati,” kata Dubes Al Shun dalam surat itu.

Dia mengungkapkan, dari Tanah Suci Palestina dan dari Masjid Al-Aqsa yang diberkati, terdapat semangat perjuangan, jihad, keberanian dan keteguhan dalam menghadapi penjajahan yang dipersenjatai dengan kematian, kolonialisme, keangkuhan dan agresi yang tidak meninggalkan batu atau pohon, di Yerusalem, Gaza, dan Tepi Barat.

Baca juga : KPK Ultimatum Ajudan Mentan Penuhi Panggilan Penyidik

Belakangan ini, situasi di jalur Gaza memanas usai Israel dan Hamas atau Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (faksi di Palestina yang berkuasa di Gaza), saling serang.

Serangan Hamas, pasukan militan Palestina itu dimulai sejak Sabtu (7/10) pagi, yang diklaim sebagai serangan untuk mengakhiri penjajahan terakhir di bumi. Pasukan Israel kemudian membalas dengan melancarkan serangan yang mereka sebut Operasi Pedang Besi.

Baca juga : Partai Garuda Imbau Capres Sudahi Kampanye Manfaatkan Penyandang Disabilitas

Israel mengklaim operasi ini menargetkan infrastruktur Hamas di Jalur Gaza. Hingga Jumat (13/10), Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mencatat sebanyak 1.537 warga meninggal akibat pengeboman Israel sejak Sabtu (7/10). Dari jumlah itu, 500 di antaranya adalah anak-anak dan 276 perempuan, serta 6.612 orang luka-luka.

Sementara menurut Israel Public Broadcasting Korporasi (KAN), korban tewas di pihak Israel dalam Operasi Badai Al-Aqsa oleh sayap bersenjata kelompok Hamas, Brigade Al-Qassam, telah mencapai 1.300 orang. Sedangkan jumlah korban luka sekitar 3.300 orang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.