Dark/Light Mode

Soroti Ketidakhadiran Gibran Di UMS

Pengamat: Dialog Terbuka Jadi Peluang Unjuk Gagasan Dan Adu Strategi

Jumat, 24 November 2023 19:13 WIB
Capres Prabowo saat di Dialog Publik Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surabaya UMS, Jumat (24/11/2023) pagi. (Foto: Ist)
Capres Prabowo saat di Dialog Publik Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surabaya UMS, Jumat (24/11/2023) pagi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi Kusman menyoroti ketidakhadiran Gibran Rakabuming Raka dalam undangan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS). Menurutnya, Dialog Terbuka ini menjadi wadah bagi Gibran untuk unjuk gagasan.

Airlangga menyebut ketidakhadiran Gibran ini menghilangkan kesempatan untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan gagasan seperti apa yang akan dibawa dalam momen Pilpres 2024.

"Berkaitan dengan hal tersebut, hal yang dapat kita ambil pelajaran adalah bahwa kontestasi Pilpres 2024 membutuhkan politik adu gagasan untuk memastikan jalan masa depan Indonesia tetap berada pada rel pemajuan bangsa dan negara ke depan," ujar Airlangga, Jumat (24/11/2023).

Baca juga : Ganjar Diangkat Jadi Keluarga Dan Didoakan Presiden 2024

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto meminta maaf karena cawapresnya Gibran Rakabuming Raka tak bisa hadir dalam Dialog Publik Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Jumat (24/11/2023) pagi.

Gibran semestinya mendampingi Prabowo untuk hadir dalam dialog yang juga disiarkan daring lewat saluran Youtube UMS itu.

Namun, kata Prabowo, Gibran harus menghadiri acara PP Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

Baca juga : Jokowi Ajak 3 Capres Maksibar, Pengamat: Ini Keren, Minimal Panggung Depan Akur

"Hari ini saya minta maaf Gibran Rakabuming Raka tidak bisa hadir karena justru ada acara lain yang bersamaan waktunya, di Jatim juga, tapi yang menyelenggarakan adalah NU," kata Prabowo disambut tawa audiens di auditorium kampus UMS.

Pada kesempatan itu, Prabowo mengatakan di lain kesempatan Gibran pasti bisa diajak berdialog oleh Muhammadiyah di lain waktu.

"Saya minta maaf Mas Gibran tadi, setiap saat saudara-saudara ingin dialog saya kira Mas Gibran pasti pasti mau," kata dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.