Dark/Light Mode

Jokowi Ajak 3 Capres Maksibar, Pengamat: Ini Keren, Minimal Panggung Depan Akur

Senin, 30 Oktober 2023 15:26 WIB
Presiden Jokowi (tengah) makan siang bersama tiga capres: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). (Foto: Lukas/Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi (tengah) makan siang bersama tiga capres: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). (Foto: Lukas/Biro Pers Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno memberikan acungan jempol kepada Presiden Jokowi, yang sudah mengundang tiga calon presiden (capres): Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto untuk makan siang bersama (maksibar) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10). 

Adi berpendapat, makan siang bareng Jokowi dan  ketiga capres di Istana, dapat menurunkan tensi politik yang sedang tinggi, menjelang penetapan capres-cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan masa kampanye.

"Ini keren. Minimal panggung depannya akur. Entah panggung belakangnya seperti apa," kata Adi, kepada RM.id, Senin (30/10/2023).

Baca juga : Istana: Kalau Jadi, Pasti Terbuka

Adi pun penasaran, kapan Jokowi akan mengundang para cawapres. Sebab, menurutnya, penentuan cawapres adalah salah satu faktor yang bikin tensi pilpres naik. "Semoga pemilu jadi lebih adem," ujarnya.

Dalam acara santap siang di meja bundar, Jokowi mengenakan pakaian batik lengan panjang warna putih motif burung, dengan aksen hitam dan biru muda. Ketiga capres yang menjadi tamunya, kompak memakai kemeja batik motif parang.

Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD di Pilpres 2024, duduk di sebelah kanan Jokowi. Dia memakai kemeja batik lengan panjang pink motif parang berukuran kecil, dengan aksen merah yang menjadi warna khas partai pengusungnya: PDI Perjuangan (PDIP) dan biru.

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

Di sebelah kiri Presiden, duduk Prabowo Subianto, yang berpasangan dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengenakan kemeja batik coklat motif parang dengan ukuran yang lumayan besar.

Di hadapan Jokowi, tampak Anies Baswedan yang maju pilpres bersama Muhaimin Iskandar. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan kemeja batik hitam motif parang berukuran besar.

Jokowi dan keempat capres berbincang akrab, sambil menikmati menu soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. Juga ada cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk, dan jus jeruk. 

Baca juga : Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Pengamat: Bisa Tingkatkan Kepercayaan Pada Hukum

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.