Dark/Light Mode

Delilah, Badak Yang Diberi Nama Oleh Jokowi 2016 Lalu, Kini Sudah Punya Bayi Lho

Minggu, 26 November 2023 16:58 WIB
Bayi Delilah yang lahir Sabtu pagi (25/11) di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. (Foto: Instagram/Kementerian LHK)
Bayi Delilah yang lahir Sabtu pagi (25/11) di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. (Foto: Instagram/Kementerian LHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bayi badak sumatera lahir di Pusat Penangkaran Badak Sumatera (Suaka Rhino Sumatera) Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada Sabtu pukul 04.00 WIB.

Demikian diumumkan oleh Humas Balai TNWK Sukatmoko. Ia mengabarkan bahwa kelahiran badak jantan ini, hasil dari induk bernama Delilah.

"Hal ini menjadi sesuatu yang positif bagi konservasi badak sumatera di Indonesia terutama di TNWK," kata Sukatmoko dilansir Antara, Minggu (26/11).

Baca juga : Hari Ini Groundbreaking Di IKN, Jokowi: Kalau BI Sudah Membangun, Mau Apa Kita?

Ia berharap agar Delilah dan anaknya selalu sehat, sementara populasi badak sumatra diharapkan meningkat.

Delilah adalah badak betina yang lahir alami pada 11 Mei 2016 lalu, di Suaka Rhino Sumatera. Ia adalah anak kedua dari induk bernama Ratu. 

Nama Delilah diberikan oleh Presiden Jokowi pada acara penetapan Taman Nasional Way Kambas sebagai Taman Warisan ASEAN pada 28 Juli 2016.

Baca juga : Minta Banteng Tak Tanggapi Manuver Keluarga Jokowi, Hasto: Kita Soft Saja

Sebelumnya, pada 30 September 2023, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaporkan kelahiran satu ekor badak sumatera betina di Suaka Rhino Sumatera, TNWK, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. 

Anak badak tersebut lahir dari induk bernama Ratu pada pukul 01.44 WIB, Sabtu.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, (LHK) Siti Nurbaya Bakar, menyambut baik kabar gembira ini. "Kabar ini tentu menjadi berita bahagia, tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga dunia," tandasnya.

Baca juga : Partai Garuda: Kelompok Yang Dulu Memfitnah Jokowi, Kini Memfitnah Prabowo

Saat ini SRS TNWK telah sukses menghasilkan lima individu badak sumatera yang lahir, yaitu Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), anak ketiga dari Ratu-Andalas (30 September 2023) dan anak dari Delilah-Harapan (25 November 2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.