Dark/Light Mode

Bicara Di Hadapan Pengusaha Properti

Jokowi: Lahan Di IKN Sudah Bisa Dibeli Lho

Kamis, 10 Agustus 2023 06:45 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) XVII, yang digelar di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (9/8). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) XVII, yang digelar di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (9/8). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah semakin gencar mempromosikan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada pengusaha di dalam negeri. Terbaru, Presiden Jokowi menawarkan lahan di IKN cukup strategis dan bisa dikembangkan untuk pengembangan properti.

Tawaran ini disampaikan Jokowi di hadapan pengusaha properti yang hadir di acara Musyawarah Nasional (Munas) Real Estate Indonesia (REI) 2023.

Jokowi mengatakan, pengusa­ha yang berminat bisa langsung menanyakan harganya ke jajaran Otorita IKN.

Baca juga : Kris Tjantra: Jokowi Dan Ganjar Sudah Lama Dekat

“Di sini hadir Pak Dhony (Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe). Per 27 Juli lalu, ada 34 ribu hektare lahan di IKN sudah bisa dibeli. Nggak ada gratisan di sana. Harganya berapa? Tanya ke Otorita IKN, ini peluang besar,” kata Jokowi da­lam Munas REI 2023 di Sheraton Hotel, Jakarta, kemarin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pengembangan IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan menjadi sentra ekono­mi baru, yang merupakan proyek terbesar yang ada di dunia saat ini.

Jokowi pun menawarkan ke­pada para pengusaha untuk ikut membangun dan mengembang­kan IKN.

Baca juga : OJK Dukung Kemudahan Pendanaan Petani Sawit Di Sumsel

Jokowi optimistis, pengusaha properti di Indonesia bisa ikut serta membangun IKN. Menu­rutnya, pengusaha properti In­donesia sudah terbukti tangguh dan mampu bertahan dari badai pandemi Covid-19 dan di tengah perlambatan ekonomi global.

Kontribusi sektor proper­ti pada 2018-2022, menurut Jokowi, setiap tahunnya menca­pai Rp 2.300-2.800 triliun.

“Sangat besar sekali. Ini mem­berikan kontribusi dari 16 persen Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kita, besar sekali. Tenaga kerja yang tersangkut dalam perputaran ekonomi di REI men­capai 13-19 juta orang. Sangat banyak sekali,” papar Jokowi.

Baca juga : Banjir Jakarta Bukan Persoalan Sepele, Jokowi: 38 Persen PR Masih Belum Kelar

Di acara tersebut, Jokowi juga mengingatkan industri properti nasional agar berhati-hati dan tidak jor-joran melakukan ekspansi saat ini. Pengusaha juga diminta memastikan berapa angka kekurangan (backlog) pe­rumahan di Indonesia saat ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.