Dark/Light Mode

Perpusnas-Unhan Perpanjang Kerja Sama Sinergi Pengembangan Perpustakaan

Senin, 27 November 2023 15:10 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Perpusnas dengan Unhan. (Foto: Dok. Perpusnas)
Penandatanganan kerja sama antara Perpusnas dengan Unhan. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pertahanan (Unhan) secara resmi melanjutkan kebijakan pengembangan kerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Penandatanganan perpanjangan perjanjian kerja sama melibatkan beberapa bagian lingkup satuan Perpusnas, di antaranya Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat), Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (PPUK), Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (PSMPT), Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara), dan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin).

Rektor Unhan Jonni Mahroza menyampaikan, perpanjangan perjanjian kerja sama ini menjadi penting dalam memperkuat sinergi dalam pengembangan perpustakaan di era kemajuan teknologi. Dia menerangkan, pelayanan kepada pemustaka tidak lagi dapat dilakukan secara konvensional. Fokus pelayanan perpustakaan semakin terarah pada keandalan teknologi telekomunikasi dan informasi digital.

"Dengan luasnya negara dan sebaran penduduk di berbagai pulau, sinergitas solid antar lembaga menjadi kunci dalam mengembangkan budaya literasi guna menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara merata," ujarnya, dalam Kunjungan Kerja dan Penandatanganan Perpanjangan Perjanjian Kerja Sama Unit Pelaksana Akademis (UPA) Perpustakaan Unhan, dengan Perpusnas, Senin (27/11).

Baca juga : Kepincut Gagasan Ganjar, Mahasiswa Toraja Jadi Semangat Wujudkan Indonesia Emas

Dia melanjutkan, Unhan telah mendidik lebih dari 2.671 mahasiswa aktif di berbagai program studi. "Dengan komunitas akademis yang besar tersebut, maka Perpustakaan Unhan berupaya meningkatkan pelayanan dan mempermudah aksesibilitas informasi yang dibutuhkan seluruh civitas akademika Unhan," lanjutnya.

Dia mengatakan, UPA Perpustakaan Unhan telah berhasil mendapatkan akreditas A pada Desember 2020, dan akan dilaksanakan reakreditasi lagi pada 2025. "Ini akan mewujudkan visi UNHAN sebagai World Class Defence University," katanya.

Dia mengajak untuk mengembangkan program berkualitas guna memperkuat rasa kebangsaan generasi masa depan. Salah satu usulan program adalah literasi kebangsaan berkelanjutan, yang proses implementasinya dapat dirancang bersama setelah kesepakatan kerja sama.

Baca juga : KPK Tetapkan Kasatker BBPJN Kaltim Tersangka Suap Proyek Pembangunan Jalan

"Semua upaya ini dilakukan dengan mengedepankan inovasi dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga swasta dan akasemisi," imbuhnya.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan pentingnya perpustakaan dalam menunjang kegiatan akademik. "Tantangan yang dihadapi perpustakaan saat ini bagaimana memenuhi beragam kebutuhan penggunanya, maka penting adanya kerja sama dengan para pemangku kepentingan," katanya.

Syarif Bando mendorong perguruan tinggi untuk melibatkan mahasiswa dalam produksi dan menjadikan Indonesia sebagai negara produsen tidak hanya konsumen. Menurutnya, perguruan tinggi harus mampu menciptakan mahasiswa yang dapat memproduksi barang dan jasa, bukan hanya mencari lapangan kerja. Paradigma pendidikan perlu berubah agar lebih relevan dengan sumber daya alam yang melimpah.

Baca juga : Kementan Perkuat Kerja Sama Bidang Peternakan Bareng Timor Leste

"Pentingnya memfokuskan pendidikan untuk menciptakan negara produsen. Sumber daya alam melimpah seharusnya menjadi kekuatan untuk mengubah Indonesia menjadi negara industri," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Syarif Bando menyerahkan kartu tanda anggota kehormatan kepada Rektor Unhan sekaligus penyerahan simbolis bantuan buku siap layan dan sarana prasarana penunjang lainnya untuk Perpustakaan Unhan.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.