Dark/Light Mode

Penanganan Kamtibmas

PP Hima Persis: Profesionalitas Polri dalam Bertugas Makin Meningkat

Rabu, 29 November 2023 16:49 WIB
Ketua Umum PP Hima Persis Ilham (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PP Hima Persis Ilham (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) angkat bicara mengenai kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) akhir-akhir ini. Menjelang tahun politik, stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat menjadi perhatian publik. Berbagai pihak berharap, tahun politik tidak memengaruhi kondisi keamanan dan ketertiban nasional, karena akan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan iklim sosial nasional.

Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah menyatakan harapan dan optimismenya pada penanganan Kamtibmas saat ini. Dia melihat, sejauh ini aparat kepolisian mampu bekerja dengan profesional. Profesionalitas ini terbukti dari berbagai upaya serius Polri dalam memperbaiki kinerjanya. 

Baca juga : Anggota Komisi III Apresiasi Profesionalitas-Netralitas Polri Dalam Pemilu 2024

"Saya melihat profesionalitas Polri dalam bertugas semakin meningkat. Upgrading kinerja dan upaya lainnya dalam meningkatkan pelayanan publik serta komitmen untuk menjaga netralitas Polri pada Pemilu kali ini memperkuat optimisme itu," ucap Ilham, Rabu (29/11). 

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, pada Pasal 13 dijelaskan bahwa tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga : Pemantauan DEEP di 4 Provinsi: Mayoritas Partai Tak Penuhi Keterwakilan Perempuan 30 Persen

Selain amanat UU, arah gerak Polri juga sesuai dengan visi dan misi pimpinannya, yang saat ini dipegang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan mengusung slogan Polri yang Presisi. Presisi merupakan abreviasi dari PRediktif, responSIbilitas, dan transparanSI berkeadilan, melalui 16 program prioritas Kapolri.

"Konsep transformasi Polri yang Presisi hadir melalui penekanan pada upaya pendekatan pemolisian yang prediktif diharapkan bisa membangun kejelasan dari setiap permasalahan keamanan dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah masyarakat,” terang Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.