Dark/Light Mode

Ngobrol Bareng Pengrajin Emping Pandeglang

Mahfud Didoain Emak-emak Jadi Pemimpin Adil

Jumat, 1 Desember 2023 20:58 WIB
Menko Polhukam sekaligus Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengunjungi sentra pengrajin oleh-oleh khas Kabupaten Pandeglang, emping Menes yang diproduksi oleh UMKM Desa Purwaraja, Provinsi Banten, Jumat 01/12/2023. Foto: Istimewa
Menko Polhukam sekaligus Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengunjungi sentra pengrajin oleh-oleh khas Kabupaten Pandeglang, emping Menes yang diproduksi oleh UMKM Desa Purwaraja, Provinsi Banten, Jumat 01/12/2023. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berkeliling ke sejumlah titik di Provinsi Banten, Jumat (01/12/2023).

Salah satunya, usai menghadiri acara Halaqah Kebangsaan bersama ulama se-Banten di Pondok Pesantren (Ponpes) Malnu yang berada di Kampung Cileutik, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Mahfud mengunjungi sentra pengrajin oleh-oleh khas Kabupaten Pandeglang. Yakni emping Menes yang diproduksi oleh UMKM Desa Purwaraja.

Masih memakai kemeja putih, peci hitam, dengan syal bendera Palestina, Mahfud mendatangi salah satu rumah produksi emping. Mahfud belajar membuat emping kepada emak-emak pengrajin.

Baca juga : Gajinya Mau Dinaikkan, Enaknya Jadi Menteri

Mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang biasa memegang palu sidang ini nampak luwes menggeprek melinjo di depan emak-emak, dengan alat yang juga mirip dengan palu.

Setelah belajar bikin emping, Mahfud membeli 2 plastik besar seberat 10 kilo emping untuk jadi buah tangan.

Salah satu pengrajin emping, Enny mengaku bahagia usaha rumahannya ini didatangi oleh Menko Polhukam yang kini nyalon sebagai Cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Pengangkatan Jenderal Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

"Senang kedatangan Pak Mahfud. Terharu karena nge-fans banget. Pak Mahfud sehat dan sabar, kalau jadi Cawapres, jadi pemimpin yang amanah dan adil," ucapnya tulus mendoakan.

Mahfud MD bersyukur masih ada kegiatan ekonomi yang produktif di masyarakat bawah. Kegiatan UMKM ini tentu bisa menambah penghasilan.

Pihaknya akan membuat program khusus seperti bantuan untuk UMKM yang akan lebih meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai bentuk pemerataan.

Baca juga : Mahfud MD: Pilih Pemimpin Sesuai Hati Nurani

Sebab, menurut Mahfud, ekonomi Indonesia ditopang oleh dua hal. Pertama yakni investasi. Kedua adalah UMKM yang harus terus disupport dalam hal pendanaan.

"UMKM harus terus tumbuh dan produktif, dengan pengucuran dana agar lebih merata dan bermanfaat bagi usaha masyarakat di bawah," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.