Dark/Light Mode

Sosok Cerdas Dikagumi Gus Dur

Kiai Said Aqil Yakin Mahfud MD Jadi Wapres

Minggu, 3 Desember 2023 19:35 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD bersama KH. Said Aqil Siradj saat acara Sholawat Persatuan Indonesia yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023) malam. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD bersama KH. Said Aqil Siradj saat acara Sholawat Persatuan Indonesia yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. KH Said Aqil Siradj menyebut, Mahfud MD bakal memenangkan kontestasi politik 2024 dan jadi Wakil Presiden (Wapres) RI.

Hal ini dikatakan Said Aqil dalam pidatonya, di acara Sholawat Persatuan Indonesia yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023) malam.

"Pak Mahfud MD sahabat saya orang Madura Jawa Timur, sekarang masih menjabat sebagai Menko Polhukam, insya allah akan memenangkan dan menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 2024," ujar Said Aqil di hadapan sekitar 50 ribu lebih jamaah yang hadir.

Baca juga : Warga Di Cikande Permai Siap Menangkan Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Dalam kesempatan ini, Kiai Said Aqil menukil fiqh siyasah dalam kitab al-Ahkam al-Sultaniah karya al-Mawardi terkait kreteria yang harus dimiliki oleh calon pmimpin.

"Kalau saya lihat di Fiqh Siyasah karangan Al-Mawardi, Presiden dan Wakil Presiden syaratnya harus berilmu, pintar, dan cerdas. Pak Mahfud pintar tidak? Cerdas tidak? Profesor doktor ahli tata negara, dulu Gus Dur juga kagum pada beliau," tambah Kiai Said.

Selanjutnya, kreteria seorang calon pemimpin harus berlaku adil kepada masyarakat.

Baca juga : Madura Asli Siap All Out Menangkan Mahfud MD

"Yang kedua pemimpin harus berlaku adil kepada masyarakat, tidak tebang pilih, tidak pandang bulu menegakkan keadilan. Pak Mahfud kira-kira pemimpin yang akan menegakkan keadilan tidak? Insyaallah. Kalau pak Mahfud jadi Wakil Presiden akan memberantas korupsi dan melakukan perbaikan," jelas Kiai Said.

Kreteria selanjutnya, menurut Kiai Said, calon pemimpin harus tidak tamak dan tidak rakus. "Yang ketiga calon pemimpin harus tidak rakus, tidak tamak dan tidak menumpuk harta untuk dirinya sendiri," tambahnya.

Masih terkait kreteria calon pemimpin menurut al-Mawadi, Kiai Said menegaskan, pemimpin harus berani dan tidak penakut.

Baca juga : Yenny Wahid Dan Barisan Gus Dur Resmi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

"Yang keempat pempin harus berani, bukan penakut. Qulil Haqqa Walau Kana Murran, akan menyampaikan kebenaran walau konsekuensinya sangat berat dan tidak disenangi orang. Semua syarat dipunyai Pak Mahfud," pungkas Kiai Said.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.