Dark/Light Mode

Kepala BPIP Ajak Generasi Muda Tapsel Songsong Indonesia Emas 2045

Senin, 4 Desember 2023 22:51 WIB
Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Siswa MA/SMA/SMK se-Tapanuli Selatan. (Foto: Ist)
Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Siswa MA/SMA/SMK se-Tapanuli Selatan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengajak, anak-anak untuk mempersiapkan diri menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Hal tersebut dikatakan Yudian saat menjadi keynote speaker dalam Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Siswa MA/SMA/SMK se-Tapanuli Selatan yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (2/12). 

Pembinaan Ideologi Pancasila dengan tema 'Generasi Muda berbasis Kearifan Lokal Menuju Indonesia Maju' ini bertujuan untuk mengantisipasi terpaparnya generasi muda oleh ideologi atau paham yang bisa merusak dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

Baca juga : Ini Saran Pakar Untuk Ganjar-Mahfud Yang Bertekad Bangun Indonesia Dari Desa

Para siswa SMA ini merupakan bagian dari generasi Z yang saat ini berjumlah 27,94 persen dari total keseluruhan jumlah penduduk di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia akan memasuki usia 1 abad kemerdekaan pada tahun 2045 yang akan datang.

"Tidak lama lagi, kita akan menyongsong Indonesia Emas 2045. Di tahun tersebut, Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju, yang di mana negara kita mengalami bonus demografi yaitu 70 persen dari total jumlah penduduk merupakan usia produktif", kata Yudian. 

Dengan bonus demografi tersebut, Indonesia Emas 2045 akan dipimpin oleh para generasi muda yang nantinya akan menentukan arah pembangunan bangsa. "Visi 2045 ini akan tercapai dengan memenuhi 4 syarat utama, yaitu kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, kualitas kelembagaan dan kebijakan pemerintah," jelas Doktor lulusan McGill University, Kanada ini. 

Baca juga : Kerek Kualitas Angkatan Kerja Muda, IPMI Gandeng Prosple Indonesia

Maka dari itu, Kepala BPIP berpesan untuk mempelajari beragam ilmu pengetahuan, menguasai sains dan teknologi, juga tetap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Sumber daya manusia unggul sebagai salah satu syarat tercapainya Visi Indonesia Emas 2045. Adik-adik inilah yang nantinya akan menentukan arah pembangunan bangsa ini ke depan, maju-mundurnya bangsa Indonesia ada di pundak adik-adik sekalian," pesan Yudian. 

Kepala MAN IC Abdul Hakim Siregar menyampaikan terima kasih atas kehadiran BPIP. "Kehadiran Bapak Kepala BPIP memberikan dampak kepada para pelajar di Tapanuli Selatan ini, sehingga mereka dapat memahami dan mengimplementasikan dengan benar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia, sekaligus ideologi negara," kata Abdul Hakim. 

Baca juga : Pelindo Hadirkan UMK Unggulan Di Indonesia Maritime ExpoForum 2023

Sementara itu, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP,  Prakoso, turut mengemukakan pandangannya mengenai kehadiran Kepala BPIP di Tapanuli Selatan. Kata dia, untuk menjadi SDM unggul Tak  hanya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Siswa SMA maupun SMK harus menguatkan nilai iman dan taqwa. 

"Tidak hanya dengan kecerdasan, tetapi juga mentalnya. Selain cerdas, warga negara Indonesia juga harus cinta dengan Tanah Air dengan pengamalan nilai Pancasila," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :