Dark/Light Mode

Hormati SBY, Praka Deklarasi Dukungan Prabowo-Gibran Di Pacitan

Kamis, 7 Desember 2023 20:43 WIB
Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Praka akan menggelar pengukuhan pengurus di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023). Foto: Istimewa
Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Praka akan menggelar pengukuhan pengurus di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Praka) akan menggelar pengukuhan pengurus di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023).

Lokasi ini dipilih, sebagai penghormatan terhadap Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai tokoh populer di daerah ini.

“Kesejarahan di Pacitan ini kuat, akan jadi spirit kita memaksimalkan suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur,” ujar Ketua Umum (Ketum) Praka, Osco Olfriady Letunggamu, dalam keterangannya kepada RM.id, Kamis (7/12).

Politisi Partai Demokrat ini mengamini, Kabupaten Pacitan memiliki kesejarahan kuat dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berkali-kali SBY-AHY menyatakan akan turun gunung untuk mendukung Prabowo-Gibran. Dijelaskannya, pelantikan esok hari itu merupakan kelanjutan pelebaran sayap dukungan yang sebelumnya dilakukan di Kepulauan Riau.

Baca juga : FPPPG Bakal Deklrasi Dukungan Ke Prabowo-Gibran

Sasaran Praka, adalah melakukan gerakan dengan menggaet milenial dan gen Z di seluruh daerah.

"Yang hadir nanti adalah Praka Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Tuban," katanya.

Osco melanjutkan, Praka memegang teguh pemikiran Bung Karno yang memberi spirit kepada generasi muda agar menjadi sosok nasionalis, progresif, dan revolusioner. Praka berasal dari kata Pro dan Raka.

Pro berarti memihak atau mendukung dan Raka dalam Bahasa Jawa bermakna kakak laki-laki.

"Pro Raka berarti kita mendukung kakak kita yang sedang ikut dalam kontestasi Pilpres di tahun 2024," katanya.

Baca juga : Nodai Reformasi, Front Demokrasi Sumut Menentang Politik Dinasti

Deklarasi kalangan muda di Kabupaten Pacitan ini, sambung Osco, sekaligus untuk menyatukan langkah upaya memenangkan Prabowo-Gibran.

"Kita mendorong partisipasi kalangan muda di seluruh daerah untuk bergerak bersama. Praka ini memberi ruang besar untuk mengenalkan sosok Prabowo dan Gibran," ucapnya.

Diakui Osco, pemilih muda dalam Pilpres 2024 ini cukup besar. Hadirnya Cawapres Gibran yang menjadi pasangan Capres Prabowo diharapkan menarik minat pemilih muda.

"Anak muda mempunyai tenaga, waktu dan aktualisasi terhadap perkembangan teknologi yang sangat pesat penting untuk dirangkul," tegasnya.

Deklarasi dan pengukuhan nantinya akan ditandai dengan penyerahan Pataka Praka dari Osco kepada Ketua Praka enam kabupaten yang hadir.

Baca juga : Titipkan 9 Isu, Perempuan Muda Nahdliyin Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

"Nanti acara juga dihadiri sejumlah calon anggota legislatif dari partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju," ucapnya.

Selain deklarasi, tambah Osco, direncanakan acara Praka di Kabupaten Jawa Timur akan juga diiringi dengan agenda bakti sosial membersihkan tempat wisata. Komitmen anak muda terhadap kemajuan wisata ditunjukkan dengan mengangkat sampah yang menganggu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.