Dark/Light Mode

Modus Korupsi Pejabat Bea Cukai

Terima Duit Lewat Dealer Motor Harley Davidson

Sabtu, 9 Desember 2023 07:30 WIB
Mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta Eko Darmanto ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan usai menjalani pemeriksaan, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (8/12/2023). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)
Mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta Eko Darmanto ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan usai menjalani pemeriksaan, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (8/12/2023). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Untuk mengumpulkan bukti korupsi, KPK menggeledah rumah Eko dan sejumlah tempat lainnya. “Tim penyidik telah melakukan upaya paksa penggele­dahan di beberapa tempat yang berada di wilayah Jakarta Utara, Tangerang Selatan, dan Depok, Jawa Barat,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Selasa, 12 September 2023.

Dalam penggeledahan itu, penyidik menyita sejumlah aset yang diduga dibeli dari uang ha­sil korupsi. “Antara lain berbagai kendaraan roda dua dan roda empat berbagai merek terkenal dan mewah, tas merek luar negeri,dan juga dokumen-dokumen yang diduga kuat memiliki keterkaitan dengan pembuktian perkara ini,” ujar Ali.

KPK telah mencegah pihak yang terkait dengan penyidikan ini untuk bepergian ke luar negeri. Yakni Eko, Ari Muniriyanti Darmanto (Komisaris PT Ardhani Karya Mandiri), RikaYunartika (Komisaris PT Emerald Perdana Sakti) dan Ayu Andhini (Direktur PT Emerald Perdana Sakti).

Baca juga : Sekretaris MA Terima Duit Lewat Pengawalnya

Pencegahan ini untuk mem­pelancar proses pemeriksaan terhadap pihak-pihak tersebut. “Kami imbau agar para pihak tersebut selalu kooperatif hadirdan bersedia memberikan keterangan yang sebenarnya di hada­pan tim penyidik,” kata Ali.

Sebelumnya, Eko dan istrinya, Ari Munirianti pernah dipanggil KPK untuk menjelaskan asal-usul harta kekayaan mereka.

Ali menjelaskan alasan istri Eko ikut diperiksa. Eko rupa­nya mencantumkan nama Ari kedalam LHKPN. “Otomatis kemudian ketika klarifikasi jika dibutuhkan, pihak-pihak yang terkait di LHKPN ya pasti kemu­dian turut dilakukan klarifikasi,” katanya.

Baca juga : Tukin Digelembungkan Melebihi Tukin Dirjen

Eko dan istrinya diminta membawa sejumlah dokumen yang berkaitan dengan kepemi­likan hartanya. “Seperti akta waris, hibah, sertifikat, bukti kepemilikan usaha dan lain­nya,” kata Juru Bicara KPK Ipi Maryati.

Nama Eko viral setelah dirinya kerap memamerkan harta bendanya di Instagram. Lewat akun Eko @eko_darmanto_bc, dirinya memajang kendaraan mewah, motor gede, hingga pesawat terbang.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 9/12/2023 dengan judul Modus Korupsi Pejabat Bea Cukai, Terima Duit Lewat Dealer Motor Harley Davidson

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.