Dark/Light Mode

BPIP Apresiasi KASAD Award Gelar Lomba Kampung Pancasila

Sabtu, 9 Desember 2023 15:39 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP, Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP, Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi bersama Wakil Kepala BPIP Rima Agristina menghadiri KASAD Award bertajuk Penghargaan KASAD pada Lomba Kampung Pancasila dan Dialog Kebangsaan Tahun 2023, Jumat (8/12).

BPIP sebagai badan yang bertugas untuk melakukan pembinaan dan pembumian ideologi Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. 

"Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Staf Angkatan Darat TNI beserta seluruh jajaran yang telah menyelenggarakan Lomba Kampung Pancasila di tahun 2023 ini,"  kata Yudian. 

Baca juga : Mentan Apresiasi Petani CSA Jabar Kembangkan Kelompok Wanita Tani dan KEP

KASAD Award yang diselenggarakan di Markas Besar TNI Angkatan Darat merupakan bentuk apresiasi setelah diselenggarakannya Lomba Kampung Pancasila, sebagai salah satu upaya bergotong-royong dalam merawat dan menjaga Pancasila sebagai ideologi negara.

"Ideologi negara dan bangsa akan senantiasa kuat kalau kampung-kampung dan kota kita kuat dalam memegang teguh nilai-nilai Pancasila, sehingga menjadi contoh dan teladan bagi kampung-kampung lain dalam menerapkan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tambahnya. 

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sejatinya merupakan investasi luar biasa dari para pendiri bangsa sebagai pemersatu bangsa dalam kehidupan sehari-hari. "Investasi akan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang ditemukan oleh para pendiri bangsa kita itu sungguh luar biasa, kita harus terus merawat, dan terus meningkatkannya," kata Maruli. 

Baca juga : Aliansi Mubaligh Ajak Arungi Masa Kampanye Dengan Damai

Evaluasi dilaksanakan terhadap 30 markas Kodim di wilayah yang memiliki Kampung Pancasila. Penilaian melibatkan beragam faktor seperti penanganan konflik, semangat gotong royong, serta kearifan lokal, dan kontribusi tokoh-tokoh masyarakat setempat, dievaluasi melalui proses daring dan kunjungan lapangan.

Hasil penilaian mengumumkan pemenang untuk Kategori Desa Kampung Pancasila. Desa Sipaku di Area Kodim 0202/Asahan Kodam I/Bukit Barisan meraih Juara I, diikuti oleh Desa Bulu Cindea di Kodim 1412/Pangkep Kodam XIV/Hasanuddin sebagai Juara II, dan Desa Telaga Panca di Kodim 1508/Tobelo Kodam XVI/Pattimura sebagai Juara III.

Sementara itu, dalam Kategori Kota Kampung Pancasila, Juara I diraih oleh Kecamatan Girimulyo di Kodim 1705/Nabire Kodam XVII/Cenderawasih, Juara II oleh Kecamatan Bulukuk di Kodim 0413/Bangka Kodam II/Sriwijaya, dan Juara III oleh Kecamatan Kampung Baru di Kodim 1609/Buleleng Kodam IX/Udayana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.