Dark/Light Mode

Survei Kepuasan Rakyat

Jokowi Ketolong Bansos

Minggu, 10 Desember 2023 07:50 WIB
(Foto: Antara)
(Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sempat turun, angka kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi kembali naik. Salah satu penyebabnya, yakni bantuan sosial yang diberikan Pemerintah kepada rakyat.

Naiknya angka kepuasan publik terhadap Jokowi terlihat dari survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Survei ini dilakukan pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 1.200 responden.

Baca juga : Jokowi Bantah Agus Rahardjo

Pengambilan sampel responden dengan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistate random sampling. Batas kesalahan atau margin of error +/- 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dalam survei itu, responden diberi pertanyaan secara umum, apakah sejauh ini ibu/bapak sangat puas, cukup puas, kurang puas, atau tidak puas sama sekali dengan kerja Presiden Jokowi? Hasilnya, mayoritas masyarakat merasa puas atas kinerja Jokowi sebagai presiden.

Baca juga : Survei Y-Publica: Kepuasan Tinggi, Faktor Jokowi Pengaruhi Pilihan Pilpres

“Angkanya mencapai 76,2 persen,” ujar peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida, saat memaparkan hasil survei bertajuk “Dinamika Elektoral di Awal Masa Kampanye” secara virtual, Sabtu (9/12/2023).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 12,9 persen responden yang menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi. Jumlahnya semakin meningkat menjadi 63,3 persen dalam kelompok masyarakat yang menyatakan cukup puas sehingga total yang puas sebanyak 76,2 persen. Sedangkan yang tidak puas sebanyak 21,9 persen.

Baca juga : Sandera Hamas Kasih Testimoni Yang Positif

Alasan utama yang membuat masyarakat puas dengan kinerja Jokowi yakni program bantuan sosial kepada rakyat kecil. “Angkanya mencapai 33,6 persen,” ungkap Rizka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.