Dark/Light Mode

Survei Kepuasan Rakyat

Jokowi Ketolong Bansos

Minggu, 10 Desember 2023 07:50 WIB
(Foto: Antara)
(Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Seperti diketahui, Pemerintah memang menggelontorkan banyak bantuan sosial untuk rakyat miskin di tahun politik. Mulai dari bansos beras, bantuan langsung tunai (BLT) El Nino, bansos program keluarga harapan (PKH), dan sebagainya.

Pada bulan November dan Desember, berbagai bansos itu mulai cair dan bisa diterima rakyat. Salah satunya adalah bansos pangan berupa pemberian 10 kilogram beras 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca juga : Jokowi Bantah Agus Rahardjo

Selain bansos beras, ada juga BLT El Nino yang akan dibagikan pada November dan Desember 2023 dengan nilai sebesar Rp 400 ribu. BLT sebesar Rp 200 ribu per bulan ini menyasar keluarga miskin yang merujuk data Kementerian Sosial. Total ada sekitar 18,8 juta calon penerima bantuan ini, yaitu masyarakat kategori kelompok miskin dan rentan yang terdaftar dalam data.

Bansos yang juga akan cair di akhir tahun ini adalah program keluarga harapan (PKH). Program ini menyasar 10 juta keluarga penerima manfaat.

Baca juga : Survei Y-Publica: Kepuasan Tinggi, Faktor Jokowi Pengaruhi Pilihan Pilpres

Pengamat politik dari Indo Barometer M Qodari mengatakan, tingginya kepuasan publik kepada kinerja Jokowi ini artinya, efek Jokowi akan menentukan Pilpres 2024. Kata dia, mereka yang puas terhadap Jokowi sangat tinggi. Dia mengistilahkan “kolam besar” antara 70 - 80 persen.

“Kolam ini diperebutkan Ganjar dan Prabowo meski belakangan bergabungnya Gibran Rakabuming kian jelas arah politik Jokowi,” kata Qodari.

Baca juga : Sandera Hamas Kasih Testimoni Yang Positif

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 10/12/2023 dengan judul Survei Kepuasan Rakyat, Jokowi Ketolong Bansos

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.