Dark/Light Mode

Debat Capres-Cawapres Perdana

Gagasan Dan Program Paslon Harus Sesuai Kebutuhan Rakyat

Senin, 11 Desember 2023 18:50 WIB
Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Airlangga, Suko Widodo. (Foto: Istimewa)
Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Airlangga, Suko Widodo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Airlangga, Suko Widodo berharap debat perdana Capres-Cawapres bakal memunculkan gagasan yang berkesesuaian dengan kebutuhan rakyat.

"Yang jadi penting, komunikasi efektif, bukan sekadar pandai berkata, tetapi kekuatan kebijakan yang kompatibel dengan pikiran dan kebutuhan rakyat," kata Suko dalam keterangannya, Senin (11/12/2023).

Menurutnya, gagasan positif hanya bisa disampaikan ke masyarakat dengan bahasa yang tepat.

Baca juga : Pertanyaan Debat Dijamin Tak Bocor

"Komunikasi efektif ketika manfaat memberikan benefit pada masyarakat dan proksimitas dengan cara berpikir mereka," ungkap Suko.

Menurutnya, tiga pasang Capres-Cawapres memiliki keunggulan masing-masing.

"Capres nomor urut satu (Anies Baswedan) dan Capres 3 ( Ganjar Pranowo) ada pengalaman kewilayahan pembangunan. Sementara Pak Prabowo Subianto di militer," ujarnya.

Baca juga : Debat Capres-Cawapres Jangan Jadi Ajang Curhat

Lalu untuk Cawapres Mahfud MD, memiliki pengalaman dan kapasitas yang mumpuni di bidang hukum. "Dia pernah di eksekutif, yudikatif dan legislatif," sebut Suko.

Dengan latar belakang yang beragam, kemampuan serta pengalaman, Suko berharap debat perdana akan berlangsung dengan menarik dan berbobot. Serta mampu mengembalikan kepercayaan akan masa depan demokrasi.

"Yang bisa kita harapkan, agar debat ini memunculkan pikiran atau gagasan yang bisa dipahami rakyat dan sekaligus bisa membangkitkan keyakinan terhadap masa depan demokrasi ini. harapan secara umum," tandas Suko.

Baca juga : Pilpres 2024 Mulai Terasa Sengitnya

Debat Capres-Cawapres putaran pertama dilakukan Selasa (12/12/2023) dengan tema Pemerintahan, Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.