Dark/Light Mode

Senior Muda GMKI Dan Pemuda Kristen Di Jakarta Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Sabtu, 16 Desember 2023 08:37 WIB
Deklarasi dilakukan pada Jumat (15/12/2023) di Gedung Joang 45 di Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Deklarasi ini diyakini akan menambah kekuatan Ganjar-Mahfud dalam memenangkan pilpres 2024.
Deklarasi dilakukan pada Jumat (15/12/2023) di Gedung Joang 45 di Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Deklarasi ini diyakini akan menambah kekuatan Ganjar-Mahfud dalam memenangkan pilpres 2024.

RM.id  Rakyat Merdeka - Senior Muda Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Pemuda Kristen Pendukung Ganjar-Mahfud (SEMUA) mendeklarasikan dukungan mereka pada pasangan capres-cawapres nomor urut 3. 

Deklarasi dilakukan pada Jumat (15/12/2023) di Gedung Joang '45 di Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Deklarasi ini diyakini akan menambah kekuatan Ganjar-Mahfud dalam memenangkan pilpres 2024. 

Dalam deklarasinya, mereka berkomitmen untuk memenangkan Ganjar-Mahfud dengan mengajak, membina, dan mempersiapkan pemuda-pemudi Kristen di 116 titik di Indonesia.

Deklarator SEMUA Ganjar Mahfud, Putu Bravo Timothy menyatakan selepas deklarasi, pihaknya akan membentuk tim khusus yang akan bergerak mengkonsolidasikan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud. 

Baca juga : Ribuan Nelayan Cilacap Deklarasi Dukung Prabowo

"Ini seremoni awal, tapi bukan akhir dari kegiatan kami. Setelah ini kami akan langsung melakukan gerakan ke bawah, akan melakukan canvassing, akan melakukan konsolidasi," ujar Putu. 

Dia menjelaskan, konsolidasi dukungan akan dilakukan kepada pimpinan-pimpinan gereja, dan pimpinan umat Kristen di daerah-daerah kecil. 

Dukungan diberikan pada Ganjar-Mahfud, karena relawan ini memandang pasangan tersebut sebagai figur dengan visi yang sama dengan mereka, serta mampu memberikan harapan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. 

"Kami melihat Ganjar-Mahfud ini adalah harapan bagi Indonesia ke depan. Harapan bagi proses demokratisasi kita yang sekarang yang dicoba untuk dimandekan. Saya pikir kita digerakan oleh harapan, semangat, dan cita-cita yang sama," tutur Putu. 

Baca juga : Kiai Dan Ulama Se-Kabupaten Bekasi Dukung Ganjar-Mahfud

Hal senada juga disampaikan Inisiator berdirinya SEMUA Ganjar-Mahfud, Dikson Ringo. Dikson menyampaikan bahwa dukungan diberikan karena Ganjar-Mahfud merupakan figur egaliter dan pluralis. 

"Pak Ganjar itu sosok yang sangat puralis. Sangat menjaga keberagamaan, dan selalu menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan dengan siapapun tanpa pandang bulu," ujarnya. 

Ganjar juga dinilainya sebagai pemimpin berjiwa muda, penuh semangat. Sikap terbuka Ganjar ini juga disebut Dikson, membuat pemimpin berambut putih tersebut mudah disenangi banyak orang. 

"Karena itu kita bisa melihat Pak Ganjar menyapa orang Papua, menyapa suster di biara, menyapa orang tua, disabilitas, dan lain sebagainya. Jadi kelompok-kelompok rentan saya kira sangat suka beliau," jelasnya. 

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Gelar Doa Bersama Di Nganjuk Demi Kemenangan Ganjar-Mahfud

Diketahui deklarasi ini turut dihadiri sejumlah figur politik dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, serta beberapa seniman ternama tanah air. Di antaranya ada Once Mekel dan Roy Marten. Hadir pula Puteri Indonesia dari Kalimantan Tengah, Stella Bella. 

Kegiatan deklarasi juga diwarnai aksi menyalakan lilin oleh para peserta deklarasi. Dikson menjelaskan, aksi ini merupakan simbol dari situasi gelapnya proses demokrasi yang tengah terjadi di Indonesia. 

"Biasanya orang menyalakan lilin itu saat situasi gelap. Dan kami melihat suasana demokrasi kita terancam gelap. Terancam suram. Oleh karena itu, secara simbolis menyalakan lilin agar tetap nyala dan menjauhkan kegelapan dari proses demokratisasi kita bersama," pungkas Dikson.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.