Dark/Light Mode

Putihkan Kredit Macet Nelayan, Ganjar-Mahfud Usung Visi Negara Maritim

Jumat, 22 Desember 2023 13:13 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah menilai janji Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo untuk memutihkan utang atau kredit macet seluruh nelayan di Indonesia sebagai Visi Negara Maritim.

"Visi Ganjar Mahfud adalah mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang adil dan lestari. Salah satunya dengan memperkuat nelayan Indonesia," kata Piter, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, saat ini kekayaan lautan Indonesia belum termanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan nelayan indonesia. Bahkan, kantong kemiskinan terutama terjadi di kelompok petani dan nelayan.

Baca juga : Relawan UMKM Sahabat Sandi For Ganjar-Mahfud Ciptakan Lapangan Kerja Baru

"Petani dan nelayan Indonesia tidak cukup memiliki alat produksi guna meningkatkan produktivitas mereka," lanjutnya.

Menurut Piter, latar belakang itulah yang menjadikan pasangan calon nomor urut tiga itu menaruh perhatian pada kelompok nelayan. Penguatan nelayan akan menjadi salah satu program menuju negara maritim yang adil dan lestari.

"Tidak mungkin memperkuat nelayan apabila nelayan masih terbelenggu oleh kredit macet," tegasnya.

Baca juga : Indef Apresiasi Gebrakan Ganjar Putihkan Kredit Macet Nelayan

Piter mengungkapkan pemutihan kredit nelayan penting untuk dilakukan. Kendati demikian, pelaksanaannya harus berpegang pada basis data yang kuat.

"Namun demikian pemutihan kredit nelayan tersebut tidak akan dilakukan tanpa berbasiskan data yg kuat. Menghindari adanya moral hazard yang justru berpotensi memunculkan ketidakadilan," terang dia.

Menurutnya, pemutihan ini sangat mungkin dilakukan, terutama mengingat jumlahnya yang tidak terlalu besar di kisaran Rp 180 miliar.

Baca juga : Cara Ganjar-Mahfud Bantu Rakyat, Canangkan KTP Sakti

"Tantangannya adalah bagaimana memastikan bahwa kredit yang diputihkan memang layak diputihkan," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.