Dark/Light Mode

Hadir Di Sumedang, Ganjartivity Temui Petani Cabe, Siap Perjuangkan Aspirasi

Senin, 25 Desember 2023 08:44 WIB
Pndukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menemui petani cabe dan melakukan diskusi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat Jabar. (Foto: Ist)
Pndukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menemui petani cabe dan melakukan diskusi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat Jabar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni muda Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tergabung dalam kelompok sukarelawan Ganjar Creativity (Ganjartivity) kembali melanjutkan kegiatan bermanfaatnya. 

Minggu (24/12), relawan pendukung Ganjar Pranowo ini hadir di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar). 

Kehadiran para pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ini ialah untuk menemui para petani cabe di wilayah tersebut dan melakukan diskusi dengan mereka. 

"Kita melakukan komunikasi sama masyarakat petani cabe di wilayah ini. Kita banyak diskusi dan tanya jawab di forum ini," ujar Ketua Ganjartivity Dicky Fauzia. 

Baca juga : Hati-Hati, Potensi Debu Vulkanik Hantui Nataru, Simak Penjelasan BMKG

Diskusi berlangsung dengan interaktif. Para petani banyak menyampaikan keluh kesah dan aspirasinya. Ganjartivity pun berkomitmen untuk menampung segala aspirasi mereka, dan berupaya mencari solusi atas kesulitan yang dialami petani. 

Dicky menjelaskan, berkat diskusi tersebut dirinya mengetahui bahwa para petani kesulitan mendapatkan pupuk imbas langkanya pupuk di pasaran. Fakta ini pun disebutnya selaras dengan pernyataan Ganjar sewaktu mengikuti debat capres beberapa waktu lalu. 

"Banyaknya kita minta keluh kesahnya. Kemarin debat kan Pak Ganjar sempat menyampaikan bahwa kalau kelangkaan pupuk itu bukan hanya di Jateng saja, tapi di seluruh Indonesia. Itu salah satu yang dibahas di sini," jelas Dicky. 

Dalam wawancara dengannya, dia juga membeberkan alasan pihaknya mengunjungi petani di wilayah tersebut. Menurutnya, para petani di sana jarang diakomodir kebutuhannya oleh pemerintah. Paslon dari capres lain juga disebut Dicky belum ada yang datang ke wilayah tersebut. 

Baca juga : Kapolda Metro Ancam Tangkap Firli

"Di sini itu tidak terjangkau oleh siapapun paslonnya walau soal kampanye ini sudah lama. Tapi tidak ada yang tersentuh, maka kita sentuh dengan relawan Ganjar," katanya. 

Selain menampung aspirasi, para relawan juga memberikan edukasi kepada para pemuda wilayah setempat yang juga hadir dalam diskusi tersebut. 

"Kita ingin mengedukasi dan ke depannya melakukan pelatihan bahwa jangan sampai ibu bapaknya saja yang petani, tapi anak-anaknya bisa sambil sekolah, kuliah, tapi sambil bertani juga," sebut Dicky. 

Para petani dan pemuda setempat pun nampak antusias dalam berdiskusi. Dicky menilai, hal itu terjadi karena para relawan menggunakan bahasa yang santai saat berdiskusi. 

Baca juga : Banteng Depok Sangat Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Di samping itu, relawan juga menyempatkan untuk mensosialisasikan visi dan misi pasangan Ganjar-Mahfud kepada para petani. Mereka memaparkan berbagai program yang kiranya bisa memberikan manfaat langsung kepada petani cabai. 

"Insyaallah di zaman (kepemimpinan) Pak Ganjar, hal-hal yang dikeluh kesahkan oleh masyarakat (petani cabe) tidak akan terjadi lagi," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.