Dark/Light Mode

Perayaan Natal Di Rutan KPK

Makanan Dari Keluarga Diperiksa Pakai X-ray

Selasa, 26 Desember 2023 07:30 WIB
Perayaan Natal Di Rutan KPK. (Foto: Dok. KPK)
Perayaan Natal Di Rutan KPK. (Foto: Dok. KPK)

 Sebelumnya 
"Kunjungan dimulai dari jam 10.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Mereka memang tidak dibatasi karena memang jumlah tahanan di setiap tempat pena­hanan itu tidak terlalu banyak. Jadi, bisa dari jam 10.00 WIB sampai jam 12.00 WIB," ujarnya

Sebanyak 24 tahanan KPK mengikuti kebaktian Natal 2023. "Dua puluh orang tahanan mengikuti kebaktian Natal di Rutan KPK, kemudian empat orang lainnya di Rutan Puspomal," ujar Fauzi.

Baca juga : 24 Tahanan KPK Rayakan Natal Di Rutan, Jalani Ibadah Dan Terima Kunjungan

Fauzi mengatakan, ibadah Natal 2023 berlangsung pada pukul 13.30 WIB hingga 15.00 WIB dengan dipimpin Pendeta Djefri Kansil.

Juru bicara KPK Ali Fikri menjelaskan tata cara kunjungan untuk keluarga tahanan. Yang bisa mengunjungi tahanan hanya keluarga inti yang mendapat izin dari penyidik, jaksa maupun hakim Pengadilan Tipikor.

Baca juga : Menag: Selamat Natal, Damai Dan Kasih Tuhan Menyertai Semua

"Satu tahanan diperbolehkan menerima tiga pengunjung. Ti­dak diperkenankan membawa makanan, minuman, alat komunikasi hingga alat elektronik yang dapat menggangu dan membahayakan keamanan mau­pun ketertiban," kata Ali.

Ali mengatakan, fasilitasi ibadah dan kunjungan khusus ini sebagai wujud penghormatan terhadap hak-hak dasar bagi setiap insan beragama, termasuk bagi tahanan KPK. Hal ini selar­as dengan asas-asas pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK.

Baca juga : Sudah Tiba Di Gedung KPK, Penyuap Gubernur Maluku Utara Diperiksa Intensif

"Yaitu kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia," tutup Ali.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 26/12/2023 dengan judul Perayaan Natal Di Rutan KPK, Makanan Dari Keluarga Diperiksa Pakai X-ray

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.