Dark/Light Mode

Berantas Mafia Sepakbola, Erick Siap Diperiksa Polisi

Kamis, 14 Desember 2023 05:22 WIB
Ketum PSSI, Erik Thohir. (Foto : PSSI)
Ketum PSSI, Erik Thohir. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan siap diperiksa demi mendukung pemberantasan mafia sepakbola.

Sejak awal, Erick memang ingin kompetisi sepakbola Indonesia bersih dari mafia sepakbola agar menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara, Asia, bahkan dunia nantinya.

"Oleh karena itu, saya dan PSSI siap diperiksa jika memang diperlukan dalam pengungkapan mafia bola ini. PSSI akan selalu transaparan," kata Erick menyampaikan dalam Konferensi Pers Satgas Anti Mafia Bola di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/12).

Erick mengatakan mendukung sepenuhnya proses pengungkapan mafia bola, karena itu sesuai keinginan dia dan FIFA.  

Baca juga : Pemberantasan Mafia Bola Tak Pandang Bulu, Erick: Saya Dan PSSI Siap Diperiksa

"Hal yang luar biasa terjadi hari ini bahwa cita-cita sebagai bangsa yang ingin memiliki sepakbola bersih dan berprestasi dilakukan terus menerus oleh Presiden Jokowi dan Presiden (FIFA) Gianni Infantino. Mereka percaya sepakbola indonesia bisa jadi yang terbaik di Asia Tenggara, Asia, dan bahkan di dunia," ujarnya.

Erick mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan harapan Presiden, Giani, dan pecinta sepakbola Indonesia itu, maka PSSI dan Polri telah membentuk Satgas Anti Mafia Bola Polri. 

Kemudian dilengkapi oleh Satgas Anti Mafia Bola Independen sebagai pendampingan. 

"FIFA dan pemerintah ingin mendorong sepakbola Indonesia tidak terindikasi adanya pengaturan skor," kata Erick.

Baca juga : Lagi Batuk Berat, Firli Diperiksa 11 Jam

Dia menambahkan, "Kapolri selalu ingatkan kepada saya agar dinamika yang terjadi di suporter juga harus kita jaga agar keamanan terjamin dan suporter dapat pulang ke rumah dengan selamat," tuturnya.

Erick pun menegaskan bahwa kerja sama PSSI dengan Polri berjalan dengan baik. Terbukti dalam penyelenggaraan Piala Dunia U17 FIFA berlangsung aman. 

"Ini menunjukkan bahwa kita bisa dan ke depannya penyelenggaraan event internasional dapat terus berkelanjutan sesuai harapan Presiden Jokowi. Terima kasih atas atensi dan dukungan Kapolri, juga dukungan dari satgas anti mafia bola," kata Erick.

Sementara itu, Kapolri mengatakan bahwa langkah yang telah dilaksanakan Satgas Anti Mafia Bola Polri ini merupakan upaya menjalankan kebijakan Presiden, yaitu membangun iklim sepakbola yang baik dan kondusif. 

Baca juga : Gencatan Senjata, Israel Siap Bebaskan 39 Tahanan Palestina

"Kami concern terhadap kebijakan Presiden dan Ketum PSSI untuk membawa sepakbola indonesia ke arah yang lebih baik, menciptakan atlet yang berprestasi, dan membawa sepakbola indonesia berkualitas ke kancah internasional," ujar Kapolri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.