Dark/Light Mode

Rieke Bahagia Akhirnya Dede Asiah, Korbang TPPO Bisa Kembali Ke Keluarga

Kamis, 28 Desember 2023 08:39 WIB
Aktivis perempuan sekaligus anggota DPR Rieke Diah Pitaloka bersama Dede Asiah Pekerja Migran Indonesia korban TPPO yang kembali ke keluarga. Foto: Istimewa
Aktivis perempuan sekaligus anggota DPR Rieke Diah Pitaloka bersama Dede Asiah Pekerja Migran Indonesia korban TPPO yang kembali ke keluarga. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dede Asiah (37) Pekerja Migran Indonesia (PMI), korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berhasil pulang ke keluarganya, Selasa (19/12/2023).

Kasus yang dialami Dede Asiah diadvokasi aktivis perempuan sekaligus anggota DPR Rieke Diah Pitaloka sejak Maret 2023.

Sebelumnya, dalam video yang sempat diunggah Dede di sosial media 31 Maret 2023, Dede menjelaskan bahwa ia dijanjikan untuk bekerja di Turki dengan gaji 600 dolar AS.

Baca juga : Demi Alasan Kemanusiaan, Pemerintah Tak Boleh Cuek

Tetapi begitu sampai di Istambul, Dede justru dijual dengan harga dolar AS. Dede juga dipaksa bekerja hingga larut malam dengan alasan karena harga belinya yang mahal.

Dalam video tersebut Dede juga menceritakan, ia mengalami sakit pada bagian perut lantaran baru melahirkan anak pertamanya.

Mengetahui kabar ini, 11 April 2023, Rieke segera mendatangi kantor Menko Polhukam, Mahfud MD untuk meminta dukungan serta memerangi TTPO seperti yang dialami Dede Asiah.

Baca juga : Teco Pede Bali United Bisa Bersaing Meraih Gelar Juara Liga 1

Pada 14 April 2023, Rieke mendatangi Polres Karawang, mendesak agar pihak kepolisian dapat membokar sindikat TPPO yang marak terjadi di Karawang.

Selanjutnya 31 Juli 2023, Rieke juga mendatangi Komnas HAM untuk meminta dukungan untuk penyelesaian kasus TPPO yang dialami Dede Asiah.

Dan pada tanggal 1 Agustus 2023 lalu, Rieke juga sempat mendatangi Kementerian Luar Negeri untuk meminta perlindungan Dede Asiah yang saat itu masih berada di Damaskus dan kemudian dipulangkan pada 19 Desember 2023 lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.