Dark/Light Mode

Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Kampusnya Harus Berkualitas

Kamis, 28 Desember 2023 20:34 WIB
Ekonom dari Bisnis Universitas Indonesia, Teguh Dartanto. Foto: Istimewa
Ekonom dari Bisnis Universitas Indonesia, Teguh Dartanto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekonom dari Bisnis Universitas Indonesia, Teguh Dartanto mengapresiasi program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana yang diusung pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kata Teguh, dirinya pernah melakukan penelitian terkait relevansi antara investasi pendidikan dengan pengentasan kemiskinan.

"Investasi pendidikan yang dapat memutus rantai kemiskinan dan juga mendorong kelompok miskin naik kelas menjadi kelompok kelas menengah," kata Teguh, Kamis (28/12/2023).

Baca juga : Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Ganjar-Mahfud Bisa Putus Rantai Kemiskinan

Kendati demikian, Teguh menerangkan tantangan berat merealisasikan program Ganjar-Mahfud yaitu memastikan bagaimana sarjana terlahir dari kampus atau universitas berkualitas.

"Isunya bukan tentang mencetak sarjana atau bukan sarjana, isunya adalah bagaimana mendorong orang sekolah di tempat berkualitas, sehingga bisa menjadi sarjana yang berkualitas yang bisa diserap di pasar tenaga kerja," tegasnya.

Menurutnya, jika sekadar mencetak sarjana, maka akan berpotensi memunculkan masalah baru.

Baca juga : Warga Antusias Sambut Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Ala Ganjar-Mahfud

"Jika kita sekadar mencetak sarjana tanpa dibarengi dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh lapangan kerja, maka yang terjadi adalah pengangguran terdidik yang akan mendorong instabilitas sosial," pungkasnya.

Diketahui, pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana. Ganjar meminta seluruh Pemerintah Daerah harus menjalankan program tersebut yang dikomandoi oleh Pemerintah Pusat.

Ganjar bilang, pendataan akan dilakukan dengan rinci. Penyusunan sistem canggih dan pelaksanaannya dengan benar dan transparan.

Baca juga : Program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana Ganjar Ciptakan Harapan Bagi Warga

"Negara bisa hadir membantu keluarga itu agar ada anaknya satu sarjana dalam keluarga miskin untuk mengubah nasibnya," tutur Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.