Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Dorong Perlindungan Hak Perempuan Dan Penyandang Disabilitas

Rabu, 20 Desember 2023 19:44 WIB
Juru Bicara TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rahayu Saraswati menyatakan salah satu Asta Cita jagoannya adalah mendukung dan membela hak-hak perempuan dan penyandang disabilitas. (Foto: Instagram@prabowo)
Juru Bicara TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rahayu Saraswati menyatakan salah satu Asta Cita jagoannya adalah mendukung dan membela hak-hak perempuan dan penyandang disabilitas. (Foto: Instagram@prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rahayu Saraswati menyatakan salah satu Asta Cita jagoannya adalah mendukung dan membela hak-hak perempuan dan penyandang disabilitas.

Menurut Sara, tujuan dari komitmen ini adalah untuk membangun masyarakat yang inklusif dan berkeadilan.

"Negara memiliki peran utama dalam penguatan kesetaraan gender, dan perlindungan hak perempuan, anak, serta penyandang disabilitas," kata politisi yang akrab disapa Sara, Rabu (20/12/2023).

Menurutnya, kebijakan dan program yang menjunjung tinggi perlindungan hak perempuan dan penyandang disabilitas seperti hak partisipasi politik, pekerjaan, dan pendidikan harus digalakkan oleh Pemerintah.

Tujuannya untuk menghapuskan diskriminasi gender. Setiap orang menurutnya mempunyai potensi yang sama untuk tumbuh dan sukses.

Baca juga : Masyarakat Hewan Juga Punya Nabi

Membangun sumber daya manusia yang unggul di bidang kesehatan dan pendidikan, serta mendorong perlindungan hak perempuan dan penyandang disabilitas, menjadi prioritas pasangan Prabowo-Gibran.

"Ini ada dalam Asta Cita keempat. Salah satu yang kami dorong adalah mempercepat penerbitan peraturan pemerintah yang belum lengkap, petunjuk pelaksana (juklak), dan petunjuk teknis (juknis) dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," jelas Sara.

Selain itu, Sara mengatakan Prabowo-Gibran mendukung peningkatan dan perluasan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum.

Hal ini untuk memastikan bahwa kelompok penyandang disabilitas mempunyai kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang serta menghindari marginalisasi dan merendahkan mereka.

"Kami juga mendorong pembangunan infrastruktur yang ramah bagi warga penyandang disabilitas, terutama untuk fasilitas-fasilitas umum, perluasan program pendidikan formal maupun non-formal yang bersifat inklusif, aplikatif, dan humanis agar segenap potensi diri setiap individu penyandang disabilitas dapat dikembangkan," tuturnya.

Baca juga : Prabowo: Pedagang Pasar Tradisional Punya Peran Penting Bagi Ekonomi Indonesia

Selain itu, Sara menegaskan kembali dedikasinya dalam memajukan pembelaan hak asasi manusia (HAM).

Hal ini sejalan dengan program buruh Asta Cita Prabowo-Gibran yang mengedepankan hak asasi manusia (HAM) dan berupaya memperkuat landasan ideologi Pancasila dan sistem demokrasi.

"Kami ingin memastikan setiap kebijakan bersifat inklusif, berperspektif gender, dan memprioritaskan pemberdayaan serta perlindungan perempuan dan anak," ucap Sara.

Menurut Sara, menjamin setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mempengaruhi jalannya pertumbuhan bangsa merupakan komponen fundamental demokrasi.

Memastikan bahwa hak-hak setiap orang diakui dan dilindungi adalah salah satu caranya.

Baca juga : MIAP Perluas Sosialisasi Pentingnya Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Selain itu, Prabowo-Gibran akan memberikan prioritas utama pada penegakan hukum dalam perlindungan hak perempuan dan anak, memperkuat penegakan hukum, dan melindungi pekerja Indonesia, khususnya yang bekerja di luar negeri.

"Kami akan memperkuat peran, fungsi, kelembagaan, dan anggaran terkait upaya perlindungan perempuan dan anak, khususnya dengan memastikan adanya pelayanan di setiap provinsi," pungkas Sara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.