Dark/Light Mode

Ziarah Ke Makam Kiai Khatib Umar Jember

Mahfud Kenang Cerita Unik Tentang Cincin Gus Dur

Jumat, 29 Desember 2023 11:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, berziarah ke makam KH. Muhammad Khatib Umar, di Jember, Jumat (29/12/2023). Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, berziarah ke makam KH. Muhammad Khatib Umar, di Jember, Jumat (29/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengawali kunjungan hari kedua di Jawa Timur, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, berziarah ke makam KH. Muhammad Khatib Umar, di Jember, Jumat (29/12/2023).

Lokasi makamnya, tak jauh dari Ponpes Nurul Qarnain, tempat Mahfud bermalam. Mahfud berdoa di pusara kiai yang semasa hidupnya menjadi sahabat dekatnya.

"Sebelum melanjutkan kunjungan ke Banyuwangi, saya ke Makam KH. Muhammad Khatib Umar. Untuk mendoakan kebaikan," kata Mahfud usai berdoa di makam.

Kiai Khatib Umar, kata Mahfud, adalah sahabat KH. Abdurrahman Wahid. Karenanya, dia kerap bertemu dengannya bersama Gus Dur.

Baca juga : Mahfud Terus Terngiang Ijazah Doa Dari Gus Dur

"Sekaligus ini mengenang hubungan kami yang sangat dekat awal tahun 2.000 an," tuturnya.

Mahfud pun ingat cerita menarik dengan Kiai Khatib Umar. Saat jadi Menteri Pertahanan (Menhan), Mahfud adalah kalangan akademisi yang kurang begitu dikenal oleh kiai khos dan langitan Nahdlatul Ulama (NU). Terutama kiai yang dekat dengan Gus Dur.

"Sesudah jadi Menhan, kiai Khatib Umar tidak tahu siapa saya. Beliau tanya, Pak Mahfud kenal Gus Dur di mana? Bukan orang dekat, bagaimana ceritanya?" cerita Mahfud.

Mahfud pun menjawab, dia pernah ketemu Gus Dur sudah sangat lama dalam sebuah acara di sebuah kampus di Yogyakarta.

Baca juga : Ini Saran Pakar Untuk Ganjar-Mahfud Yang Bertekad Bangun Indonesia Dari Desa

"Memang saya kenal Gus Dur tahun 1983. Lalu 16 tahun kemudian Gus Dur cari saya, untuk diangkat sebagai menteri saat beliau jadi Presiden," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Dia pun teringat Alwi Shihab yang menceritakan kisah Gus Dur dengan cincinnya.

"Gus Dur cerita ke Pak Alwi, katanya beliau dulu punya cincin, hilang. Gus Dur meminta istrinya mencari. Sudah hampir putus asa. Ternyata cincin ketemu di kasur," ungkap Mahfud.

Dari cerita inilah Kiai Khatib Umar menyimpulkan, sebenarnya Mahfud adalah cincin yang tengah dicari-cari Gus Dur untuk membantu perjuangannya.

Baca juga : KawanJuangGP Gelar Cek Kesehatan Gratis Di Bandung Barat

"Kiai Khatib Umar bilang, Pak Mahfud itu orang yang sudah lama dicari Gus Dur. Baru ketemu. Cerita ini ada di salah satu buku Setahun Bersama Gus Dur," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.