Dark/Light Mode

Mahfud MD, Contoh Politikus Santun Yang Anti Baper

Minggu, 31 Desember 2023 15:38 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dinilai layak sebagai contoh politikus santun yang anti-baper di Tanah Air.

Cawapres yang berpasangan dengan Capres Ganjar Pranowo tersebut pernah mengalami cerita yang tidak mengenakkan di pentas politik. Namun, dia tetap menjaga kesantunan.

Berikut beberapa catatan Mahfud MD sebagai politikus yang santun dan anti baper: Pertama, Mahfud MD pernah gagal menjadi Cawapres pada Pemilu 2019 silam.

Kala itu, Mahfud batal menjadi Cawapres Joko Widodo dan diganti dengan KH. Ma'ruf Amin. Kegagalan tersebut seharusnya menyakitkan dan bikin patah hati.

Lantaran Mahfud diputuskan gagal mendampingi Jokowi di menit-menit terakhir jelang deklarasi pasangan. Akan tetapi tidak demikian dengan Mahfud MD.

Baca juga : Mahfud MD: Pilih Pemimpin, Jangan Tertipu Oleh Jargon

Pria kelahiran Sampang itu malah menanggapi kegagalan dengan lapang. Dia bahkan mengaku tidak sakit hati karena terdepak.

Mahfud menegaskan, kegagalan dalam politik merupakan hal yang wajar dan biasa. Karena itu, tidak ada istilah sakit hati atau marah ketika menanggapi kegagalan.

Menurut dia, suksesi kepemimpinan merupakan upaya mencari sosok terbaik untuk menahkodai Indonesia selama 5 tahun.

Karena itu, kepentingan bangsa harus diutamakan dibandingkan kepentingan orang per orang, termasuk dirinya sendiri.

Kedua, Mahfud bersedia menjadi menteri di kabinet Jokowi menjadi bukti lain kelapangan hati dan anti baper.

Baca juga : Kisah Mahfud Dan Gus Dur Tentang Kepemimpinan

Alih-alih menolak karena sakit hati, Mahfud bersedia ditempatkan Jokowi sebagai anggota kabinet. Mahfud dipercaya Jokowi untuk menjadi Menko Polhukam.

Dia pun menjalankan amanah dan tugas tersebut dengan baik hingga kini.

Ketiga, Mahfud MD melapor ke Presiden Jokowi ketika jadi Cawapres Ganjar. Sebagai anak buah yang baik, Mahfud melaporkan pencalonan dirinya sebagai Cawapres kepada Presiden Jokowi.

Dia pun mengirim surat sebagai pemberitahuan dan meminta bertemu Presiden yang kala itu masih melaksanakan kunjungan kerja ke Tiongkok. Dia pun akhirnya bertemu langsung dengan Presiden untuk mengutarakan penunjukan dirinya sebagai Cawapres.

Presiden menyambut positif kabar tersebut dan meminta Mahfud ikut menjaga proses Pemilu berjalan aman dan damai.

Baca juga : Politik Uang Berkedok Arisan

Keempat, Siap maju bersama Ganjar. Sebagai Cawapres, Mahfud menegaskan bakal all out membantu Ganjar memenangkan Pilpres 2024.

Tak hanya itu, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun menyatakan kesiapan mendampingi Ganjar dalam upaya membawa Indonesia menuju Generasi Emas 2045.

Dia menyatakan bakal mendedikasikan dirinya untuk bangsa Indonesia. Tak ada waktu untuk baper atau mengenang pengalaman pahit di masa lalu. Kini adalah waktunya untuk menatap ke depan dan berbuat yang terbaik untuk tanah air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.