Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Jamin Kepastian Kerja Masyarakat Rendah Pendidikan

Kamis, 4 Januari 2024 14:41 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjamin masyarakat yang berpendidikan rendah tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Komitmen tersebut dipastikan Ganjar usai bertemu masyarakat dalam kampanye terbuka.

"Pak, pendapatan kami rendah, daya beli kami menurun. Pak, lapangan pekerjaannya mana kalau saya mau bekerja. Itu keluhan riil masyarakat saat ini. Perluasan lapangan pekerjaan dan pendidikan vokasi menjadi kebutuhan mendesak," kata Ganjar di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/1/2023).

Ganjar menegaskan, ada sekitar 138,5 juta pekerja yang sulit mendapatkan pekerjaan. 60 persen di antaranya bekerja di lingkungan informal.

Baca juga : Indef Dukung Ganjar-Mahfud Dorong Penguatan Sektor Pendidikan Vokasi

Sementara itu, 70 persen pekerja tersebut berpendidikan setingkat SMA, dengan penghasilan Rp 2 juta. Untuk masyarakat yang berpendidikan rendah, aku eks Gubernur Jawa Tengah itu, vokasi gratis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan para pekerja.

"Ganjar-Mahfud akan menggandeng pelaku industri untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri," ucap dia.

Ganjar juga menambahkan balai-balai pelatihan kerja (BLK) akan ditingkatkan kualitas dan relevansinya terhadap kebutuhan industri, maupun kapasitasnya.

Sehingga menghasilkan tenaga kerja yang terampil, terlatih, dan adaptif terhadap teknologi dan inovasi terbaru.

Baca juga : Relawan RBPR Dan Warga Masyarakat Pinggiran Hutan Gelar Tumpengan

"Pekerja Indonesia kami harapkan segera naik kelas menjadi pekerja unggul kelas dunia, yang bisa memenuhi tuntutan standar pekerjaan di dalam maupun di luar negeri melalui vokasi gratis," ujar dia.

Ganjar menegaskan, Indonesia memiliki daya tarik investasi yang tinggi. Karena semua bahan baku sumber daya alam ada di Indonesia. Pekerja Indonesia terampil dan beretoskerja tinggi, serta pasar yang besar.

Hal ini menjadi modal utama bagi Pemerintah ke depan untuk menghubungkan antara dunia usaha, industri, dan keterampilan para pekerja.

Di kesempatan sama, Joko Sutrisno, salah seorang pengemudi online di sekitaran Kota Bandung mengungkapkan, dia hanya memiliki ijazah SMA. Semua pekerjaan dia lakukan. Baik sebagai buruh bangunan, pengepul barang rongsokan, satpam kantoran, hingga pengemudi online.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Janjikan Pekerjaan Ringan Bagi Lansia Yang Masih Mau Kerja

"Asalkan saya dapat penghasilan yang halal buat keluarga, itu sudah cukup untuk saya," tambahnya.

Joko menegaskan dirinya membutuhkan lapangan kerja sekalipun hanya lulusan SMA. Dirinya ingin memiliki penghasilan yang lebih tinggi untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, kesempatan itu susah dicari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.