Dark/Light Mode

Survei indEX: Kepuasan 82,4 Persen, Publik Pilih Capres Dukungan Jokowi

Rabu, 17 Januari 2024 05:37 WIB
Infografis kepuasan publik terhadap presiden Jokowi temuan Survei index. (Foto: Ist)
Infografis kepuasan publik terhadap presiden Jokowi temuan Survei index. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi dalam setahun terakhir tercatat bertahan di atas 77 persen, hingga menembus 80 persen. Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi kini mencapai 82,4 persen.

Dari sebanyak itu, di antaranya 12,7 persen bahkan menyatakan sangat puas dipimpin oleh Jokowi. Hanya ada 15,8 persen yang merasa tidak puas, termasuk 2,0 persen yang menyatakan tidak puas sama sekali, dan sisanya 1,8 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Survei IPS: 70,2 Persen Publik Ingin Pilpres Hanya Satu Putaran

Mayoritas publik akan cenderung memilih pasangan capres-cawapres yang paling kuat komitmen soal keberlanjutan, dan tentunya didukung oleh Jokowi sendiri. Sebaliknya, capres-cawapres yang menyerukan perubahan hanya akan memperebutkan ceruk suara ketidakpuasan yang jumlahnya kecil.

“Tingginya tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi hingga mencapai 82,4 persen menunjukkan bahwa publik bakal memilih capres yang didukung Jokowi dan komitmen soal keberlanjutan,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, pada Selasa (16/1/2024).

Baca juga : Survei IPS: Kurang dari 1 Bulan Pemilu, 80,7 Persen Pemilih Prabowo-Gibran Sudah Mantap Tak ke Calon Lain

Survei Index Research dilakukan pada 3-9 Januari 2024 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.