Dark/Light Mode

IKN Makin Rame, Jokowi Berbunga-bunga

Kamis, 18 Januari 2024 08:13 WIB
Presiden Jokowi memukul beduk dalam peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi memukul beduk dalam peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus bertambah. Bukan hanya gedung-gedung pemerintahan, sejumlah proyek swasta seperti mall, pergudangan, industri, sekolah dan lainnya mulai dibangun di IKN. Melihat ramenya pembangunan di IKN, Presiden Jokowi berbunga-bunga.

Kemarin (17/1/2024), Jokowi kembali bertolak ke IKN Nusantara. Kedatangan Jokowi di IKN untuk melakukan groundbreaking ke-14 pembangunan sejumlah proyek. Mulai dari pembangunan Masjid, proyek swasta hingga proyek gedung milik BUMN.

Dalam kunjungannya, Jokowi ditemani Menteri BUMN Erick Thohir, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Rombongan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.30 WIB.

Setiba di Bandara Internasional Sultan Aji Mahmud Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Jokowi melanjutkan perjalanan dengan helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di IKN, sudah ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hadir juga Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, dan Direktur Utama PT Bina Karya Boyke.

Kegiatan awal Jokowi yakni meluncurkan Nusantara Logistics Hub PT Pos Indonesia. "Saya menyambut baik peluncuran Nusantara Logistics Hub and Services yang merupakan kerja sama sinergi antara Pos Indonesia dengan PT Bina Karya (Persero) di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Baca juga : Menperin Dampingi Presiden Jokowi Dalam Pertemuan Bilateral RI-Vietnam 

Nusantara Logistics Hub and Services akan mendukung keberadaan IKN sebagai super hub. Sejalan dengan padatnya kegiatan yang ada di IKN. Terlebih jelang persiapan operasi berbagai usaha dan kantor di IKN.

Jokowi berharap, Nusantara Logistics Hub and Services ini akan berkontribusi secara signifikan, memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN, tetapi di seluruh kawasan Indonesia. "Dan membuat biaya logistik makin terjangkau, mempercepat dan mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia," ujarnya.

Selanjutnya, Jokowi melakukan groundbreaking Masjid Negara berkapasitas 61 ribu jemaah senilai Rp 940 miliar. Ia berharap, masjid ini dapat merepresentasikan kemajemukan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Tidak hanya masjid, nantinya di kawasan ini juga akan dibangun sejumlah tempat ibadah lainnya. Mulai dari gereja, vihara, pura, hingga kelenteng. "Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam, tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga melakukan groundbreaking gedung dan kawasan kantor Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan kapasitas 600 orang. Dibangun di atas lahan seluas 28 ribu meter, nilai konstruksinya mencapai Rp 509 miliar. Kawasan tersebut nantinya akan difungsikan sebagai tempat bekerja para pegawai OIKN, serta dilengkapi dengan pelayanan terpadu satu pintu. 

Kawasan kantor OIKN juga akan dilengkapi dengan pusat komando dan urban gallery untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat. “Saya harap gedung kantor otorita IKN ini dapat segera diselesaikan dan seluruh kegiatan otorita IKN makin terorganisasi, terpusat, dan optimal dan karyawan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif untuk mendukung pengembangan IKN mewujudkan Ibu Kota Nusantara yang kita cita-citakan," harap Jokowi.

Pembangunan lain yang juga mulai dilakukan adalah Memorial Park IKN seluas 2.034 meter dengan nilai Rp 361 miliar. Nantinya, Memorial Park IKN ini akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara dan akan menjadi salah satu point of view di IKN.

Baca juga : Ngidam, Dari Dubai Terbang Ke Las Vegas

Tujuan pembangunan Memorial Park IKN untuk menghormati para pahlawan dan pendiri bangsa yang telah menjadikan Indonesia merdeka. "Tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, mengingatkan kita semuanya pada jasa para pahlawan," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga melakukan groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel. Ia meyakini, kehadiran hotel tersebut akan memberikan kontribusi penting dan nyata bagi IKN dan daerah-daerah di sekitarnya.

"Dengan perkembangan IKN seperti saat ini, setiap bulan ada groundbreaking pembangunan berbagai jenis infrastruktur maka tidak ada alasan bagi investor untuk ragu-ragu berinvestasi di IKN Nusantara, memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai insentif dan kemudahan berusaha yang ditawarkan pemerintah,” ucap Presiden dalam sambutannya.

Kehadiran hotel ke-6 di IKN tersebut akan menambah alternatif akomodasi bagi para tamu yang berkunjung ke IKN. Nantinya, Jambuluwuk Nusantara Hotel akan memiliki kapasitas sekitar 200 kamar dengan nilai investasi Rp 300 miliar.

Terakhir, groundbreaking Gedung Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jokowi berharap, pembangunan Gedung LPS akan makin meningkatkan kepercayaan bagi masyarakat, dunia usaha, hingga para investor. Pembangunan Gedung LPS juga merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah dalam mewujudkan IKN berkelas dunia.

Kata Jokowi, pembangunan komplek perkantoran LPS yang diberi nama "Arthadyaksa" dan memiliki makna pelindung harta nasabah tersebut akan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap pertama, LPS akan membangun gedung utama yang juga merupakan pusat operasional LPS. "Tahap ke-2, ke-3, akan dilanjutkan dengan pembangunan dua gedung lainnya serta fasilitas-fasilitas pendukungnya," urainya.

Di kesempatan yang sama, Bambang Susantono menyampaikan, Kantor OIKN yang berfungsi sebagai Balai Kota ini ditargetkan selesai Desember 2024. Pada tahap pertama, pembangunan dilakukan pada gedung kantor utama dan gedung data center.

Baca juga : Mekanisme Teknologi Pertanian

"Data center ini lah yang menjadi pusat kendali 'smart city' atau kota cerdas di IKN. Kantor IKN juga akan menerapkan konsep 'smart, green and sustainable office' yang mendorong budaya dan cara kerja baru serta dapat menjadi contoh bagi kantor-kantor di IKN maupun Indonesia," kata Bambang.

Erick yang ikut rombongan Jokowi ikut gembira melihat progres pembangunan yang ada. Ia yakin dalam waktu dekat akan ada suasana baru. "Bismillah, Agustus pindah," ucapnya dalam akun Instagram miliknya.

Ia menyebut, Sumbu Kebangsaan akan menjadi lokasi untuk upacara memperingati hari kemerdekaan. "Bersama Bapak Presiden Joko Widodo melihat progress pembangunan Sumbu Kebangsaan di IKN. Kali ini bareng Pak Bas dan Pak Ridwan Kamil. Di sini nanti akan jadi tempat upacara 17 Agustus," pungkas Erick.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (18/1), dengan judul “IKN Makin Rame, Jokowi Berbunga-bunga”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.