Dark/Light Mode

Perkara Korupsi Progam Rumah DP 0 Rupiah

Anggota DPRD DKI Ikut Jadi Calo Tanah

Selasa, 23 Januari 2024 07:30 WIB
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan anggota DPRD DKI Jakarta ikut menjadi calo tanah dalam program Rumah DP 0 Rupiah.

Awalnya jaksa mengorek pertemuan mantan Wakil Ketua DPRD Ichwan Zayadi dengan Direktur Utama PT Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan.

“Tidak pernah,” bantah Za­yadi yang pernah menjabat Koordinator Komisi C Bidang Keuangan DPRD DKI saat ber­saks di Pengadilan Tipikor Ja­karta Pusat, Senin (22/1/2024).

Jaksa lalu membacakan Ber­ita Acara Pemeriksaan (BAP) Zayadi nomor 25. “’Dapat saya jelaskan bahwa saat saya men­jadi Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta pernah melakukan makan bersama dengan Saudara Yoory Corneles maupun pihak lainnya dari Perumda Sarana Jaya’. Ini bagaimana keterangan Saudara nomor 25?” tanya jaksa.

Baca juga : Geledah Rumah Anggota DPRD, KPK Temukan Bukti Aliran Uang Ke Bupati Labuhanbatu

“Seingat saya sih tidak pernah ya,” elak Zayadi yang menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta melalui proses pergantian antar waktu (PAW) pada 2018 menggantikan mendiang H. Lulung Lunggana.

Zayadi bersikukuh tidak me­ngakui isi BAP tersebut.

Jaksa lalu mengkonfirmasi me­ngenai Zayadi yang menawarkan tanah kepada Yoory. Zayadi men­gakuinya. Namun, menurutnya, Yoory tidak merespons tawaran itu.

Jaksa penasaran dengan motif Zayadi menawarkan tanah ke­pada Sarana Jaya. Zayadi berda­lih Sarana Jaya sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) perlu mencari keuntungan.

Baca juga : KPK Tetapkan Bupati Dan Anggota DPRD Labuhanbatu Sebagai Tersangka Suap

Jaksa membongkar kunjungan Ichwan Zayadi bersama beberapa anggota dewan lainnya ke Perum­da Sarana Jaya ada awal 2019.

“Saudara datang ke kantor Sarana Jaya tahun 2019 ya? Ber­sama dengan Ruslan Amsyari (Fraksi Hanura), James Sianipar, nah di situ di lantai 3 sudah ada Pak Santoso, Saudara jelaskan. Ini kaitannya apa?” cecar jaksa.

“Saya pada waktu itu, kebetulan Pak Ruslan datang ke ruangan saya minta di antar ke Sarana Jaya. Kebetulan dia tidak membawa mobil waktu itu,” dalihnya Zayadi.

“Kaitannya apa, Pak datang ke situ?”

Baca juga : Anggota DPR Santai

“Tidak tahu saya,” kelit Zayadi.

Jaksa menyinggung soal Judistira Hermawan. Zayadi menjelaskan, pria yang ia kenal itu merupakan anggota DPRD DKI dari Fraksi Golkar.

Jaksa pun menunjukkan per­cakapan Zayadi dengan Jud­istira yang telah dituangkan dalam BAP nomor 32 dan 36 terkait pembicaraan mengenai penawaran tanah.

“Bahwa Judistira sudah me­nyampaikan keapda Yoory me­ngenai penawaran dua bidang tanah yang terletak di Jakarta Utara kepada Yoory. Dimana saya menawarkan satu bidang tanah dan Judistira menawarkan satu bidang tanah,” beber jaksa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.