Dark/Light Mode

Berikan Pemahaman Soal IKN, Nusantara Fair Dihadiri Ratusan Masyarakat

Minggu, 28 Januari 2024 19:05 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Nusantara Fair 2024 yang digelar di Mall Kota Kasablanka, pada 26-28 Januari 2024 diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya warga Jakarta mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Harapannya, orang memahami IKN secara utuh, apa yang sudah dilakukan hingga ke depannya sampai dengan 2045," kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat IKN Firmananur, di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Firmananur menjelaskan, pada hari kedua gelaran Nusantara Fair Sabtu (27/1/2024) sejumlah kegiatan telah dilakukan dimulai dengan games dan acara lomba cosplay bertema karakter Nusantara.

Selain itu, kegiatan dilanjutkan penjelasan mengenai seluruh booth yang berada di area pameran tepat di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka ini.

“Tadi pagi kita sudah memulai kegiatan ini tadi ada lomba cosplay kemudian ada games terus tadi juga berkeliling MC ke semua booth yang ada di sini menjelaskan tentang kegiatan Nusantara fair secara keseluruhan,” jelasnya.

Firmananur mengatakan, pelaksanaan event yang digelar atas prakarsa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Otoritas IKN ini merupakan bagian dari strategi sosialisasi IKN.

Baca juga : Mendes: Literasi Taman Bacaan Tingkatkan SDM Masyarakat Desa

Sebab, masih banyak masyarakat Jakarta yang belum memahami sepenuhnya IKN atau bahkan belum mengetahui letak Ibukota baru Indonesia ini dan perkembangannya.

"Ini bagian dari tidak terpisahkan dari seluruh strategi komunikasi yang kita kembangkan ada berbagai event salah satunya ini," jelasnya.

Firmananur mengungkapkan, di hari kedua Nusantara Fair 2024 puluhan anak-anak muda menjadi peserta memeriahkan lomba cosplay. Penyanyi Isyana Sarasvati pun turut memeriahkan kegiatan.

"Cukup ramai event cosplay. Ada 35 peserta yang mendaftar. Semuanya anak muda, ada yang kecil juga," ungkapnya.

Sutradara Film Anggy Umbara yang hadir memeriahkan Nusantara Fair 2024 menyakini jika IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini memiliki banyak potensi untuk menjadi lokasi pembuatan film, baik dari sisi keindahan alam maupun dari sisi mitosnya.

"Sebenarnya banyak potensi di Kalimantan, khususnya IKN, bisa dari cerita-cerita horor seperti kuyang hingga alamnya untuk dijadikan lokasi film," kata Anggy.

Baca juga : Kenalkan Pembangunan IKN, Festival Nusantara Fair 2024 Digelar

Dengan berbagai potensi ini, Anggy mengaku sangat tertarik membuat film bergenre laga atau action di IKN.

"Saya kalau ada kesempatan ingin membuat film action di IKN karena sudah lama tidak ada film action (lokal) yang bagus. Padahal pada tahun 90-an Indonesia dikenal karena film-film laganya," tuturnya.

Ia pun mengusulkan agar creative hub berupa taman tematik atau theme park yang akan dibangun di IKN nanti memiliki jiwa Indonesia dengan merangkul talenta-talenta lokal hingga seniman yang mumpuni.

Anggy berharap, kreasi para talenta dan artis ini tidak dibatasi agar memberikan hasil atau outcome yang diinginkan.

"Kalau bisa (Theme Park) se-relate mungkin dengan jiwa Indonesia, dengan membawa jiwa ini. Jangan dibatasi agar bisa jadi outcome yang bagus, baik dari film, gim, dan sebagainya," jelas sutradara muda itu.

Tenaga Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Sosial Budaya Masyarakat Otorita IKN Gede Benny Subawa mengajak Anggy bisa ikut serta menjadi bagian tim yang akan membangun infrastruktur di IKN berkolaborasi dengan tim yang sudah ada.

Baca juga : Mahfud Bakal Perjuangkan Petani Tembakau Sebagai Perlindungan Masyarakat Adat

"Untuk theme park, saya kira masukan dari Mas Anggy bisa diaplikasikan dengan memanfaatkan konsep dan teknologi canggih yang akan diterapkan. Kita juga butuh SDM kreatif untuk membangun dan mengisi creative hub. Misalnya aktifitas apa yang akan dilakukan dan dibutuhkan," tuturnya.

Gede mengakui, tantangan dalam membangun Creative Hub ini adalah masih belum banyaknya produk kreatif lokal yang memiiki kualitas setara dengan produk asing dalam skala industri.

"Maka diperlukan sinergi maupun kolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk membangun infrastruktur creative hub dari produk lokal," tuturnya.

Berdasarkan pantauan ratusan pengunjung meramaikan seluruh area Nusantara Fair selama acara lomba yang berlangsung sejak pukul 14.00-16.30 WIB ini.

Sejumlah keluarga ekspatriat atau warga asing pengunjung Mall Kota Kasablanka juga masuk ke area pameran dan berfoto bersama keluarga.

Pada Minggu (28/1/2024) ini rangkaian kegiatan Nusantara Fair 2024 akan dimeriahkan oleh penampilan duet penyanyi Andien dengan grup Diskoria. Dilanjutkan dengan podcast bareng Prisia Nasution.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.