Dark/Light Mode

Survei Indikator: Approval Rating Jokowi Kokoh Di Kisaran 80 Persen

Minggu, 28 Januari 2024 20:28 WIB
Foto: Sekretariat Presiden
Foto: Sekretariat Presiden

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap kokoh di kisaran 80 persen.

Temuan Indikator Politik Indonesia, approval rating Jokowi saat memasuki Januari 2024 mencapai 79,3 persen.

Angka tersebut menandakan beragam persepsi minor dan negatif yang menerpa Jokowi tak lantas menjadikan tingkat kepuasan publik terhadapnya menurun.

Survei Indikator dilakukan dalam rentang 10-16 Januari 2024 lalu, dan melibatkan 1.200 responden dari seluruh provinsi Indonesia.

Baca juga : Prabowo: Pak Jokowi Sosok yang Mengajak Persatuan

Peneliti Utama Indikator Hendro Prasetyo mengatakan, sebanyak 16,3 persen menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi. Ada juga yang menyatakan cukup puas sebesar 62,5 persen.

“Jadi kalau digabungkan menjadi 79,3 persen. Sedangkan yang merasa kurang puas hanya 17,2 persen dan tidak puas sama sekali 2,4 persen,” kata Hendro dalam keterangan yang diterima, Minggu (28/1/2024).

Dalam catatan Hendro, approval rating Jokowi pada Januari tahun ini mengalami peningkatan ketimbang temuan Desember 2023.

Tahun lalu, angkanya baru menyentuh 77 persen. Dalam kurun sebulan, ada peningkatan menjadi 79,3 persen.

Baca juga : Tinggi, Kepercayaan Publik Terhadap Kejaksaan Agung

Menurut Hendro, tren kepuasan terhadap kinerja Jokowi mulai meningkat sejak Agustus 2023.

“Kalau kita lihat dibanding survei sebelumnya pada Desember, terjadi peningkatan dari 77 persen ke 79 persen dalam waktu kurang lebih 1 bulan,” ungkapnya.

Hendro mengatakan, secara demografi, mayoritas responden yang puas dengan kinerja Jokowi yakni berasal etnis Betawi, Sunda, dan Bugis. Terutama di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Indikator juga melakukan survei dalam rentang 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024, dirilis bertajuk “Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegak Hukum dan Politik” pada 23 Januari 2024 lalu.

Baca juga : Survei Indikator: Pendukung Anies Dan Ganjar Percaya Kerja Kejaksaan

Salah satu temuannya, terkait tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga-lembaga negara lain, selain presiden.

Hasilnya, di urutan pertama ada TNI dengan 89 persen. Sementara presiden ada di posisi ketiga dengan 86 persen, menyusul Kejaksaan Agung 76 persen, dan Polri 75 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.