Dark/Light Mode

Survei Indikator: Penampilan Prabowo Terbaik Di Debat Capres 7 Januari

Sabtu, 20 Januari 2024 17:45 WIB
Capres 02 Prabowo Subianto (Foto: Instagram)
Capres 02 Prabowo Subianto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei terbaru Indikator Politik Indonesia bertajuk Efek Elektoral Debat Capres: Perbandingan Temuan Survei Tatap Muka dan Survei Telepon yang dirilis pada hari ini, Sabtu (20/1/2024), menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres berpenampilan terbaik di Debat Capres 7 Januari 2024.

Capres 02 itu meraih angka 35,9 persen dalam survei tatap muka. Sementara berdasarkan survei telepon, tembus 39 persen. Sedikit lebih tinggi.

Di belakang Prabowo, terdapat nama Capres 01 Anies Baswedan. Anies meraup angka 34,5 persen dalam survei tatap muka dan 31,7 persen dalam survei telepon.

Baca juga : Mayoritas Publik Tak Suka Debat Saling Serang, Terutama Milenial Dan Gen X

Sedangkan Capres 03 Ganjar Pranowo, hanya meraup angka 24,7 persen dalam survei tatap muka dan 23,1 persen dalam survei telepon.

Survei terbaru Indikator yang menggunakan metode wawancara tatap muka ini dijalankan pada 10-16 Januari 2024, dengan melibatkan 1.200 responden yang berasal dari seluruh provinsi dan terdistribusi secara nasional. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Survei EPI Center: Prabowo-Gibran 50,2 Persen, Menang Satu Putaran

Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20 persen dari total sampel oleh supervisor lapangan, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Dalam kendali mutu ini tidak ditemukan kesalahan berarti.

Sedangkan dalam survei telepon yang dijalankan pada 13-14 Januari 2024, sebanyak 1.221 responden terpilih melalui kombinasi metode random digit dialing (RDD) (730 responden) dan double sampling (DS) (491 responden).

Baca juga : Ojol Perempuan Semangati Prabowo: Bapak Hebat, Bapak Sangat Kuat!

RDD adalah proses pembangkitan nomor telepon secara acak, sementara DS adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Margin of error survei diperkirakan berada di angka ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.